Mulai Besok Bagasi Lion Air tak Gratis, Bisa Lebih Murah Pesan Voucher Bagasi sebelum Berangkat

Mulai Besok Bagasi Lion Air tak Gratis, Bisa Lebih Murah Pesan Voucher Bagasi sebelum Berangkat

Mulai Besok Bagasi Lion Air tak Gratis, Bisa Lebih Murah Pesan Voucher Bagasi sebelum Berangkat
via Travel Fashion Girl
Lion Air Bakal Kurangi Jatah Bagasi Penumpang Jadi 10 Kg, Bagaimana Ketentuan Bagasi Maskapai Lain? 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Mulai hari ini, Selasa (8/1), maskapai Lion Air Group tidak memberlakukan lagi bagasi cuma-cuma. Yakni, 20 Kg per penumpang untuk maskapai penerbangan Lion Air dan bagasi cuma-cuma 10 Kg per penumpang untuk Wings Air.

Bagi penumpang Lion Air atau Wings Air yang akan membawa bagasi di atas 7 Kg disarankan membeli voucher bagasi (pre-paid baggage), yang dapat diakses baik melalui website Lion Air ketika hendak memesan tiket. Atau bisa melalui agen perjalanan tour and travel dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

District Manager Lion Air Group Area Balikpapan Achmad Affandi, melalui Chief Town Office Lion Air Balikpapan Mario Hesly Palit kepada Tribun, Senin (7/1) mengatakan, sehubungan dengan pre-paid baggage, setiap calon penumpang dapat membeli bersamaan saat pembelian tiket, atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan.

Baca: Kapolda Jatim Ungkap Prostitusi Online Terselubung, Selain Vanessa Ada 45 Artis dan 100 Model

Pembagian bagasi dikelompokkan pada jumlah +5 Kg, +10 Kg, +15 Kg, +20 Kg, +25 Kg, dan +30 Kg, dengan harga biaya bagasi yang berbeda-beda, tergantung rute tujuannya.

Meski demikian, Lion Air masih memperbolehkan calon penumpang, kecuali bayi membawa satu bagasi kabin maksimum berat 7 kg. Bisa juga satu barang pribadi atau personal item seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita, dengan ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin tertentu, yaitu 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.

Mario mengatakan, penghapusan bagasi cuma-cuma mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Pasal 22. Pada poin C tercantum 'No Frills, dapat dikenakan biaya', yang juga dimana Lion Air dan Wings Air termasuk ke dalam kelompok Low Cost Carrier (LCC).

Baca: Jaksa KPK Menduga Ada Bentuk Baru Gratifikasi, Terjadi di Kasus Bupati Purbalingga

Baca: Tingkat Kepuasan Masyarakat Berau Menurun, Wabup Perintahkan Fokus Pelayanan di Tahun 2019

Dengan pemberlakuan biaya bagasi, Mario mengatakan, tidak ada perubahan harga tiket. "Tetap sama seperti biasanya," ujarnya.

Perhitungannya, jika diasumsikan pada tarif penerbangan rute Balikpapan-Jakarta pada keberangkatan 8 Januari 2019 seharga Rp 1.139.000 dengan akan membawa bagasi seberat 5 Kg, penumpang akan dikenakan biaya tambahan seharga Rp 160.000. Jika dijumlahkan, calon penumpang akan membayar biaya perjalanan Balikpapan-Jakarta, ditambah bagasi 5 Kg dengan harga Rp 1.299.000.

Namun begitu, berdasarkan pemberitaan sebelumnya melalui siaran pers dari Lion Air Group, penerbangan Lion Air dan Wings Air menawarkan kapasitas bagasi ekstra atau kelebihan atas bagasi yang ditetapkan (Excess Baggage Ticket).

Halaman
12
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved