Sering Over Budget Saat Belanja, Coba Deh Pakai High Heels, Pasti Lebih Hemat

Tak hanya membuat seseorang bahagia, berbelanja kerap membuat kita merasa was-was. Tidak bijak saat berbelanja, bisa membuat kantong terkuras

Sering Over Budget Saat Belanja, Coba Deh Pakai High Heels, Pasti Lebih Hemat
Zürich's Shopping Boulevard
Belanja di Mal 

TRIBUNKALTIM.CO- SIAPA yang tak suka berbelanja dan tak suka diskon? Tampaknya sebagian dari kita gemar melakukan aktivitas yang satu ini. Tak hanya membuat seseorang bahagia, berbelanja kerap membuat kita merasa was-was. Tidak bijak saat berbelanja, bisa membuat kantong atau uang bulanan kita terkuras dalam waktu sekejap. Berdasarkan penelitian, berikut ini tips belanja hemat dan menjadikan kita konsumen yang bijak.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat (2/11/2018) Ada yang Perlu Hemat, Ada yang Terlibat Percakapan Serius

 

Gunakan high-heels saat belanja
Salah satu penelitian baru-baru ini menemukan, belanja dengan menggunakan heels membuat kita terfokus pada keseimbangan tubuh.
Hal ini membuat kita mungkin memilih produk mid-range daripada barang berharga mahal.
Selain dengan menggunakan heels, penulis studi Universitas Brigham Young mengatakan belanja setelah berolahraga atau mengikuti kelas yoga juga punya dampak yang sama.

Berpikir sebelum membeli
Psikolog April Lane Benson, PhD menyarankan kita untuk menanyakan beberapa hal pada diri sendiri sebelum memutuskan untuk membeli barang.
Misalkan, Mengapa saya ada di sini? Bagaimana perasaan saya? Apakah saya membutuhkan ini? Bagaimana jika saya menunggu? Bagaimana saya akan membayarnya? Dan Di mana saya akan meletakkannya?
"Lalu, belilah barang jika kita yakin bahwa barang itu sangat diutuhkan dan mampu kita beli," katanya.

Baca: Resolusi Keuangan Tahun Ini, Wajib Lunasi Utang! Ini Tipsnya

Minta pendapat orang asing
Salah satu tulisan dalam jurnal Social Influence bertanya pada orang asing akan lebih memudahkan dan menghemat waktu ketika berbelanja sendirian.
Jika kita tak yakin pada apa yang kita beli, kita bisa menta pendapa pada sesama pembeli tentang barang tersebut.

Baca: Lebih Kaya dari Raja Salman, Ternyata Begini Gaya Hidup Sultan Brunei dan Keluarganya

Jangan mencari barang diskonan
Mungkin ini kedengarannya kontraintuitif, mencari barang diskonan akan membuat kita membeli barang lebih dari apa yang sudah direncanakan.
Kit Yarrow, PhD, profesor psikologi dan pemasaran di Golden Gate University di San Francisco menerangkan hal itu akan merangsang kita untuk menghabiskan uang lebih banyak. (*)

Editor: Rita
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved