Lion Air Siap Buka Rute Baru dari Bandara APT Pranoto Samarinda, Catat Rutenya

Lion Air Group berencana menambah rute penerbangan Samarinda- Surabaya yang dibuka perdana Jumat (11/1) besok.

Lion Air Siap Buka Rute Baru dari Bandara APT Pranoto Samarinda, Catat Rutenya
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Pesawat PK-LPO Lion Air tipe Boeing 737-800 NG melakukan fam flight di bandara APT Pranoto Samarinda, sebagai persiapan penerbangan perdana mengangkut penumpang, Kamis (1/11/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Manajer Distrik Lion Air Group Kantor Cabang Balikpapan Achmad Affandi menyatakan, sangat terbuka kemungkinan penumpang penerbangan luar Kaltim terpecah di dua bandara yakni Bandara APT Pranoto di Samarinda dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Sebelum Bandara APT Pranoto beroperasi sejak akhir 2018 lalu, penumpang dari Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutim harus menuju Bandara SAMS Sepinggan melanjutkan terbang ke luar Kaltim. Namun, dengan dibukanya Bandara APT Pranoto, muncul sejumlah penerbangan luar Kaltim, semisal Jakarta, Ujung Pandang, Surabaya, dan Yogyakarta.

"Tak menutup kemungkinan, masih banyak yang terbang lewat Balikpapan, karena penerbangan di Bandara APT Pranoto masih belum banyak," ucap Fandi sapaan akrabnya, Rabu (9/1).

Baca: Penumpang Pilih Lewat Bandara APT Pranoto Samarinda, Ternyata Ini Alasannya

Baca: LINK LIVE STREAMING Real Madrid vs Leganés, 16 Besar Copa Del Rey Spanyol Dini Hari Pukul 03:30 WIB

Karena itu, maskapai berlogo singa merah ini, akan tetap fokus mengembangkan rute penerbangan di dua bandara tadi. "Tidak ada yang dibedakan, kita fokus di keduanya, Bandara SAMS Sepinggan dan Bandara APT Pranoto," ucapnya.

Meski begitu terbang ke rute sama, kerap kali harga tiket yang ditawarkan maskapai jika melewati Bandara APT Pranoto bisa lebih mahal sekitar Rp 100 ribun-Rp 300 ribu. Fandi memperkirakan, hal itu karena perbedaan waktu terbang, jarak tempuh, biaya sewa dan sejumlah biaya, operasional lain yang makin tinggi.

Namun, ia tak menampik, dengan semakin banyaknya maskapai masuk, dan melayani rute yang sama dengan yang pihaknya tawarkan, bisa menstimulus tren harga stabil, mirip dengan di Bandara SAMS Sepinggan.

Baca: VIDEO LINK LIVE STREAMING Qatar vs Lebanon di Penyisihan Grup E Piala Asia 2019, Pukul 23:00 WIB

"Mudahan saja, kita lihat harga dollar masih tinggi, lihat kondisi harga avtur, dan lainnya, tidak menutup kemungkinan nanti turun," ucapnya.

Walaupun enggan menyebut berapa spesifik penumpang yang terbang di Bandara APT Pranoto, dan hanya berujar ada kenaikan. Pihaknya tetap optimististis akan ada lonjakan penumpang sebanyak 3 persen di Bandara APT Pranoto. Salah satu syaratnya, kestabilan ekonomi.

Melihat peluang itu, Lion Air Group berencana menambah rute penerbangan Samarinda- Surabaya yang dibuka perdana Jumat (11/1) besok.

Penerbangan nantinya menggunakan pesawat jenis Boeing 737-ER yang berangkat dari Surabaya pukul 10.25 dan tiba 12.55 Wita. Disambung penerbangan balik pukul 13.35 wita dan tiba 14.05 wita. "Kita buka harga Rp 630 ribu," ucapnya.

Baca: Kasus Dugaan Korupsi TPU KM 15 Balikpapan Menunggu Gelar Penetapan Tersangka

Baca: Hasil Riset Ahli Ungkap Potensi Gempa Besar di Pulau Jawa, Termasuk di Daerah Wisata Terkenal Ini

Tak sampai di situ, masih di rute sama, pada 16 Januari 2019, mereka akan menggandakan menjadi dua penerbangan per hari dan bertambah lagi menjadi 3 penerbangan per hari ke Kota Pahlawan perkiraan tanggal 22-24 Januari.

Sebagai Informasi, Batik Air yang masih di bawah Lion Air Group melayani rute Samarinda- Jakarta, Ujung Pandang dan Halim Perdana Kesuma, disusul Wings Air ke Berau. (*)

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved