Fenomena Supermoon terjadi Januari Ini, Catat Waktunya, Bulan Agustus Juga Ada Hujan Meteor

Selain gerhana matahari, ternyata pada bulan Januari 2019 ini juga akan terjadi peristiwa gerhana lainnya, yaitu gerhana bulan.

Fenomena Supermoon terjadi Januari Ini, Catat Waktunya, Bulan Agustus Juga Ada Hujan Meteor
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Fenomena Supermoon di Kota Banda Aceh, Aceh pada pukul 20.44 WIB, Senin (14/11/2017). Supermoon terjadi ketika jarak antara bumi dengan bulan hanya 356.515 Kilometer. Berdasarkan Pusat Studi Ilmu Falak STAIN Malikussaleh, Lhokseumawe, posisi bulan seperti ini pernah terjadi 26 tahun lalu. 

Fenomena Supermoon terjadi Januari Ini, Catat Waktunya, Bulan Agustus Juga Ada Hujan Meteor

TRIBUNKALTIM.CO - Di awal Januari lalu, tepatnya pada 6 Januari, ada peristiwa gerhana matahari yang terjadi, teman-teman.

Selain gerhana matahari, ternyata pada bulan Januari ini akan terjadi peristiwa gerhana lainnya, yaitu gerhana bulan.

Gerhana bulan yang akan terjadi di awal tahun ini termasuk peristiwa langit yang cukup spesial, nih, teman-teman.

 Supermoon adalah peristiwa langit saat Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi, dan peristiwa langit ini selalu terjadi saat Bulan sedang dalam tahap purnama.

 Nah, ini artinya saat supermoon sedang berlangsung, kita bisa melihat bulan purnama lebih terang dan juga lebih dekat dari biasanya, teman-teman.

Pada 21 Januari mendatang, fenomena supermoon pertama di tahun ini akan kembali terjadi dan Bulan akan berada di jarak sekitar 357 kilometer saja dari Bumi, lo!

 

Ahok Bebas 11 Hari Lagi, Ini Wanita Pertama yang Akan Ditemui Setelah Keluar dari Penjara

Usai Diprotes, Foto Gatot Nurmantyo Tak Lagi Terlihat di Baliho BPN Prabowo-Sandi, Ini Gantinya

Gerhana bulan ini sebenarnya dapat dilihat dari negara manapun saat malam hari dan langit cerah, teman-teman.

Tapi di beberapa tempat, gerhana bulan akan terlihat secara utuh. Di tempat lain, Bulan akan terlihat terbit atau tenggelam selama gerhana terjadi.

Pada gerhana bulan supermoon yang akan terjadi 21 Januari mendatang, wilayah yang bisa menyaksikan supermoon dengan baik adalah Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian wilayah Asia.

Sayangnya, meskipun beberapa wilayah di Asia dapat menyaksikan supermoon ini, ternyata Indonesia bukan salah satu negara yang beruntung bisa menyaksikan supermoon, nih, teman-teman.

Sebutan supermoon baru ditemukan pada tahun 1979 oleh richard Nolle, dan peristiwa langit tersebut disebut supermoon kalau bulan berada pada jarak sekitar 90 persen dari titik terdekatnya dengan Bumi.

Nah, jarak Bulan yng selalu berubah-ubah ini karena gerakan atau jalur mengorbit Bulan pada Bumi tidak berbentuk lingkaran, teman-teman.

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved