Setelah Upload di Instagram, Wali Kota Ditikam Saat di Atas Panggung

Dr Tomasz Srefaniak dari RS Medical University of Gdanks menyatakan, Adamowicz masih hidup namun tetap berada dalam kondisi kritis.

Setelah Upload di Instagram, Wali Kota Ditikam Saat di Atas Panggung
Instagram/adamowiczpawel
SEBELUM DITIKAM - Wali Kota Gdansk di Polandia, Pawel Adamowicz, sebelum diserang oleh seseorang dengan pisau. 

TRIBUNKALTIM.CO, GDANSK - Seorang wali kota di Polandia kini harus berada dalam kondisi kritis di rumah sakit akibat ditikam di panggung dalam sebuah acara amal.

Melansir Sky News, Senin (14/1), Wali Kota Gdansk, Pawel Adamowicz, diserang di depan ratusan hadirin acara "Lights to Heaven", yang diselenggarakan oleh Great Orchestra of Christmas Charity. Pelaku menusuk perut Adamowizc dengan pisau beberapa kali pada Minggu (13/1).

Baca: Dua Kebakaran Bersamaan Landa Balikpapan, Untung Tak Ada Korban Jiwa

Tim dokter mengatakan, dia harus menjalan operasi selama lima jam untuk menangani luka pada jantungnya.
Sementara itu, media di Polandia menyebut serangan tersebut memiliki motif politik. Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, ada harapan bagi Adamowicz meski kondisinya begitu sulit. Dia meminta agar masyarakat berdoa bagi kesembuhan sang wali kota.

Dr Tomasz Srefaniak dari RS Medical University of Gdanks menyatakan, Adamowicz masih hidup namun tetap berada dalam kondisi kritis. "Jam-jam berikutnya akan menentukan segalanya," ucapnya.

Baca: Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal, KPPU Balikpapan Ikut Telusuri Penyebabnya

Laporan dari TVN menunjukkan, penyerang berteriak di panggung, dengan mengklaim dia telah keliru dipenjara di bawah pemerintahan sebelumnya. "Saya dipenjara meski tidak bersalah... Civic Platform menyiksa saya," teriak pelaku, seperti yang terdengar dari rekaman video.

Baca: Ada 120 Bank Sampah di Balikpapan, Tapi hanya 5 Bank Sampah yang Efektif

Sebagai informasi, Civic Platform merupakan partai yang mengusung Adamowicz sebelumnya. Pelaku penyerangan itu berhasil ditangkap. Polisi menyatakan, tersangka berusia 27 tahun memiliki catatan kriminal dan membawa uang rampokan di bank.

BBC mencatat, Adamowicz merupakan figur politik yang terkenal dan telah menjadi wali kota Gdansk sejak 1998.

Baca: Jokowi Naikkan Gaji Perangkat Desa Setara PNS Golongan II A, Berapa Besarannya?

Setelah meninggalkan Civic Platform, dia terpilih untuk keenam kalinya meski menjadi kandidat independen.
Sebelum diserang, dia mengunggah sebuah gambar di Instagram-nya yang memperlihatkan panggung mengarah pada penonton yang memegang lampu putih. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Ikut Acara Amal, Wali Kota di Polandia Ditikam di Atas Panggung https://internasional.kompas.com/read/2019/01/14/13393431/ikut-acara-amal-wali-kota-di-polandia-ditikam-di-atas-panggung

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved