Api Lalap 2 Lokasi Permukiman Padat di Tenggarong, Puluhan Rumah Terbakar, tak Ada Korban Jiwa

Api Lalap 2 Lokasi Permukiman Padat di Tenggarong, Puluhan Rumah Terbakar, tak Ada Korban Jiwa

Api Lalap 2 Lokasi Permukiman Padat di Tenggarong, Puluhan Rumah Terbakar, tak Ada Korban Jiwa
TRIBUN KALTIM / RAHMAD TAUFIK
Sedikitnya 50 unit bangunan, berupa rumah pribadi, bangsalan, dan sebuah bangunan di samping Gereja Philadelphia, Jl Maduningrat RT 15, Kelurahan Melayu, Tenggarong, Rabu (16/1/2019), terbakar sekitar pukul 19.30. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Puluhan unit bangunan warga, berupa rumah pribadi, bangsalan dan sebuah bangunan bekas tua, di samping Gereja Philadelphia Family, Jl Maduningrat RT 15, Kelurahan Melayu, Tenggarong, Rabu (16/1/2019) sekitar pukul 19.30.

Sebelum melalap rumah di Jalan Maduningrat, api menghanguskan rumah warga di Jalan Danau Semayang, Kelurahan Melayu. Warga sekitar menyebutnya kawasan Kampung Jawa.

Rarusan warga menyelamatkan barang berharga mereka. Fiah, warga Kampung Jawa, mengaku semua barang dan perabotannya ludes, tak sempat diselamatkannya. Ia mengetahui kobaran api terlihat di dekat rumahnya.

Baca: BREAKING NEWS - Sedikitnya 50 Unit Bangunan di Tenggarong Dilalap Api

Baca: Adri Patton Tidak Mau Lewatkan Momentum Debat Capres

Tanpa pikir panjang, ia segera menyelamatkan diri. Ia segera menghubungi saudaranya. Syamsul, warga sekitar, mengabarkan sempat mendengar ledakan sebelum terjadi kebakaran. Api diduga bersumber dari sebuah rumah di kawasan Kampung Jawa.

Beberapa menit kemudian, sekitar 20 unit mobil pemadam kebakaran sampai ke lokasi kebakaran.

"Hari ini kami menurunkan 20 unit mobil kebakaran, beberapa unit bantuan dari Samarinda dan mobil water canon dari Polres Kukar," kata Marsidik, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar.

"Kami belum bisa memastikan sampai sekarang berapa jumlah bangunan yang terbakar, kami fokus dengan penyelamatan rumah warga," ujarnya.

Suasana sempat terjadi keributan kecil antara petugas kebakaran dan korban kebakaran. "Saya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," tegasnya.

Baca: Sebelum Terjerat Narkoba, Aris Idol Pernah Berseteru dengan Ihsan Tarore Gara-gara Kata Tengil

Kondisi gang yang sempit dan warga yang berjubel di lokasi kejadian menghambat kinerja petugas.

"Gang sempit di Jalan Semayang ini menjadi hambatan kami dalam melakukan pemadaman. Kami segara melokalisir area agar kobaran api tidak makin meluas," ucapnya.

Api yang diduga berasal dari rumah Jl Danau Semayang RT 8 atau RT 9, merembet ke permukiman warga di Jl Maduningrat. Petugas berjibaku memadamkan api dibantu mobil water canon milik Polres Kukar.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar langsung turun ke lokasi kejadian. "Kami masih melakukan penyelidikan terkait penyebab dari kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di 2 lokasi. Sementara ini, data bangunan yang terbakar belum bisa dipastikan karena masih dalam proses penyelidikan," ucapnya. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved