Berbasis Teknologi, Poltekba Kembangkan Sistem Pengelolaan Anggota Himpaudi Kaltim

Poltekba bekerjasama dengan Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kaltim dalam pengelolaan anggota.

Berbasis Teknologi, Poltekba Kembangkan Sistem Pengelolaan Anggota Himpaudi Kaltim
HO/Humas Poltekba
Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali melakukan pengembangan sistem informasi berbasis Teknologi Informasi 

Berbasis Teknologi, Poltekba Kembangkan Sistem Pengelolaan Anggota Himpaudi Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali melakukan pengembangan sistem informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kali ini Poltekba bekerjasama dengan  Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kaltim dalam pengelolaan anggota.

Baca: Poltekba Beri Pelatihan Khusus TOEFL untuk Siswa SMKN 4 Balikpapan, Ini Tujuannya

Totok Sulistyo, ketua pelaksana kegiatan PkM Poltekba, mengatakan kegiatan ini untuk memfasilitasi anggota dan pengurus Himpaudi Kaltim dalam mengumpulkan profil anggota dan profil lembaga PAUD di Kaltim.

Pasalnya data yang up to date merupakan hal krusial dalam perencanaan kegiatan tahunan bagi pengurus Himpaudi Kaltim, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan tepat sasaran.

"Base data tersebut juga sangat membantu untuk melakukan pemetaan anggota dan lembaga PAUD, seperti halnya mengetahui latar belakang pendidikan Pendidik PAUD dan Pelatihan yang pernah dijalani,serta untuk memetakan kualitas lembaga berdasarkan peringkat akreditasinya," katanya, Kamis (17/01/2019)

Sementara Ketua Himpaudi Kaltim, Sri Ningsih juga membenarkan sistem informasi berbasis TIK sangat diperlukan oleh Himpaudi untukmemperoleh data yang  real time dan juga untuk memberikan laporan ke Himpaudi pusat setiap saat

Bahkan didirnya berharap ide ini dapat menginspirasi Himpaudi pusat untuk dapat mengembangkan sistem informasi yang serupa.

Baca: Kenalkan Jiwa Entrepreneur, Poltekba Ajak Santri Produksi Kue Sendiri

Sehingga akan memudahkan pengurus-pengurus di daerah utamanya wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Terbelakang) dalam berkomunikasi dan melaporkan data keanggotaanya.

Sri Ningsih melanjutkan, Sistem informasi ini sudah di implementasikan untuk Anggota Himpaudi Balikpapan Timur dan dapat diakses secara online melalui www.himpaudikaltim.web.id.

Aplikasi ini dapat diakses baikdengan laptop ataupun perangkat mobile sehingga memudahkan pengguna untuk mengisi dan mengaksesnya.

Aplikasi ini diberi nama Sistem Informasi Keanggotaan Himpaudi Kaltim (SIKEA) dan Kedepan akandikembangkan untuk pengguna di Dinas Pendidikan, sehingga kebutuhan data Dinas Pendidikan dapat diunduh dari laman ini setiap saat.

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved