Danlanal Sangatta Kecanduan Beras Basah, Gelar Aksi Bersih-bersih Kenang Para Pahlawan

Sejak pertama kali bertugas di Lanal Sangatta, dia sudah 4 kali berkunjung ke Beras Basah.

Danlanal Sangatta Kecanduan Beras Basah, Gelar Aksi Bersih-bersih Kenang Para Pahlawan
Tribunkaltim.co/ Ichwal Setiawan
Peringatan Hari Dharma Samudera digelar dengan bersih-bersih pulau Beras Basah oleh Lanal Sangata beserta stakeholder terkait. Aksi bersih-bersih ini berhasil mengumpulkan puluhan kantong sampah. 

Danlanal Sangatta Kecanduan Beras Basah, Gelar Aksi Bersih-bersih Kenang Para Pahlawan

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Pesona pulau Beras Basah menjadi daya tarik seluruh wisatawan yang pernah berkunjung.

Bahkan, keindahan pantai dan biota di dasar laut membuat pengunjung selalu ingin kembali ke Pulau Pasir Putih di Bontang ini.

Hal ini pun dirasakan Danlanal Sangatta, Letkol Binsar Alfret Syaiful Sitorus. Sejak pertama kali bertugas di Lanal Sangatta, dia sudah 4 kali berkunjung ke Beras Basah.

Transaksi Narkoba di Samarinda, Dua Warga Kukar Diciduk BNNK Samarinda

Jelang Debat, Prabowo-Sandi Gelar Diskusi dan Olahraga

Aturan Main dan Jadwal Debat Capres 2019, Perdana Malam Ini Pukul 20.00 WIB

Panorama bawah laut menjadi pemandangan indah yang selalu menarik bagi Letkol Binsar untuk kembali.

Pulau Beras Basah di Kota Bontang, Kalimantan Timur.
Pulau Beras Basah di Kota Bontang, Kalimantan Timur. (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP)

“Saya sudah ke sini 4 kali, dan selalu menemukan sesuatu yang baru. Tidak bosan untuk ke Pulau Beras Basah,” ujar Letkol Binsar kepada wartawan seusai aksi bersih-bersih di Beras Basah, Kamis (17/1/2019).

Aksi bersih-bersih oleh Lanal Sangatta bersama seluruh stakeholder terkait merupakan agenda memperingati hari Dharma Samudera.

Peringatan setiap 15 Januari ini dilakukan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur di pertempuran Laut Arafuru.

Beras Basah sengaja dipilih sebagai titik kegiatan, sebab telah menjadi ikon wisata di Kota Bontang. Maka itu, kelestarian dan kebersihan pulau nan indah ini harus selalu dijaga dari sampah.

Dia berharap melalui kegiatan ini, tingkat kesadaran pengunjung dan warga setempat agar menjaga kebersihan semakin ditingkatkan. Agar lokasi wisata ini tetap jadi primadona para pelancong dari dalam dan luar Kota Bontang.

GO-FOOD Festival Hadirkan Berbagai Jajanan Kuliner Kekinian, Cek Lokasi dan Jadwalnya di Balikpapan

Jadi Wali Nikah, Makan Konate Tak Perkuat Singo Edan Saat Lawan Persita Tangerang

Turut hadir daam kegiatan ini, Asisten I Pemkot Bontang, HM Bahri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Aji Erlynawati, Ketua Komisi III DPRD Bontang, Rustam, Polairut serta puluhan pelajar dari SMK Negeri 2 Bontang.

Sekitar 2 jam aksi bersih-bersih digelar, peserta berhasil memungut puluhan kantong plastik besar untuk dibawa ke darat.

Asisten I Pemkot Bontang, HM Bahri menambahkan kegiatan ini patut diapresiasi karena menjaga kelestarian ikon wisata menjadi tanggung jawab semua pihak.

Dia pun sependapat dengan pernyataan Danlanal Sangata tentang keindahan biota laut di Beras Basah. Pun begitu, kerap tangan-tangan nakal merusak ekosistem biota.

“Jangan ada lagi yang masuk ke pantai untuk mengambil bintang laut, itu merupakan ekosistem pesisir yang harus dijaga keberadaanya,” pungkas HM Bahri. (*) 

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved