Berita Video

VIDEO - Umat Konghucu Balikpapan Laksanakan Sembahyang Tutup Tahun

"Ini adalah syukuran untuk tahun 2018 yang lalu, karena kita sudah dilindungi, jadi intinya kita bersyukur bisa menutupnya dengan aman,"

VIDEO - Umat Konghucu Balikpapan Laksanakan Sembahyang Tutup Tahun
Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Etnis Tionghoa melaksanakan ibadah tutup tahun di Klengteng Guang De Miao, Balikpapan, Senin (21/1/2019). Ibadah tutup tahun ini dilaksanakan untuk sebagai ungkapan rasa syukur atas segala yang telah diraih sepanjang tahun lalu. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Christine

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ratusan umat Konghucu di Kota Balikpapan melaksanakan sembahyang tutup tahun di Klenteng Guang De Miao, jalan Bukit Niaga no 28, Klandasan Ilir, pada Senin (21/1/2019).

Sembahyang ini merupakan ungkapan rasa syukur atas semua berkat yang didapatkan pada tahun lalu, sebelum masuk ke dalam tahun yang baru yang dirayakan pada hari raya Imlek 5 Februari mendatang.

"Ini adalah syukuran untuk tahun 2018 yang lalu, karena kita sudah dilindungi, jadi intinya kita bersyukur bisa menutupnya dengan aman," ujar Ketua Klenteng Guang De Miao, Hindro Ariwijaya, ketika ditemui oleh awak media.

"Secara keseluruhan kehidupan kita di tahun lalu, dilihat dari keamanan dan kesejahteraan masih baik-baik saja. Bencana pasti ada, tapi masih aman," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu umat, yang juga merupakan pemilik Hotel Platinum Balikpapan, Charles, mengatakan dalam semboyan Konghucu, apa yang ada di depan harus selalu lebih baik daripada yang ada di belakang.

"Jadi ke depan selalu lebih baik, dan lebih sukses,"

Digerebek Polisi, Pasangan Pesta Sabu di Balikpapan Sembunyikan Narkoba di Celana Dalam

Instalasi Air Gedung Baru Rusak, Kontraktor Pelaksana Kena Tegur Anggota Dewan

Ramalan Cuaca BMKG Senin (21/1/2019), Supermoon Dibayangi Cuaca Hujan di Balikpapan

"Saya kira kehidupan di tahun 2018 sudah oke oke banget," tukasnya.

"Justru hari ini kita menutup tahun 2018 dengan momen yang baik, dan nanti kita akan membuka lembaran baru pada saat 4 Februari jam 12 malam itu pembukaan awal Imlek 2019," lanjutnya.

Charles berharap dalam tahun 2019 segalanya bisa berjalan dengan aman dan damai, terlebih memasuki tahun politik

. "Seluruh umat Konghucu mendoakan supaya aman tidak terjadi apa-apa, terlebih di Balikpapan."

Untuk bidang ekonomi khususnya di kota Balikpapan, dirinya menilai tahun depan justru akan lebih bagus.

" Saya lihat sih, justru akan lebih bagus, seperti misalnya saya dengan ada persmian kilang. Mudah-mudahan bisa membawa berkah bagi masyarakat Balikpapan seluruhnya," pungkasnya.

Simak Videonya :

(*) 

Penulis: Christine
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved