Bagasi Berbayar Lion Air Group Sudah Berlaku, Cek Tarif Lengkapnya di SAMS Sepinggan Balikpapan

Lion Air dan Wings Air yang tergabung dalam Lion Air Group sudah tidak memberlakukan lagi bagasi secara cuma-cuma.

Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman
Petugas counter check in Lion Air melayani bagasi penumpang di counter check in Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Selasa (22/1/2019). 

Bagasi Berbayar Lion Air Group Sudah Berlaku, Cek Tarif Lengkapnya di SAMS Sepinggan Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Per hari ini, Selasa (22/1), maskapai kategori Low Cost Carrier (LCC) Lion Air dan Wings Air yang tergabung dalam Lion Air Group sudah tidak memberlakukan lagi bagasi secara cuma-cuma. 

Sebelumnya penumpang maskapai Lion Air mendapat jatah bagasi 20 kg dan Wings Air sebanyak 10 kg. Namun saat ini, para penumpang Lion Air atau Wings Air rute domestik hanya mendapatkan jatah bagasi cuma-cuma untuk kabin sebesar 7 kg.

"Berlaku saat pembelian tiket itu, date of issued, itu per tanggal 8 Januari dan seterusnya, itu sudah berbayar (bagasi). Kalau calon penumpang membeli tiket sebelum tanggal 8 Januari meskipun terbang tujuan mana pun, itu masih free dan kita sudah sosialisasi selama 2 minggu, berarti hari ini tanggal 22 Januari," ujar Airport Manager Lion Air Balikpapan, Muhammad Reza Alfandy, di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada (22/1/ 2019).

RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU Dapat Akreditasi Bintang 5, Manajemen Ingin Perbaiki Plafon dan Pintu

Video Feni Rose Cecar 3 Terduga Mucikari hingga Curhat Vanessa Angel tak Keluar Kamar 2 Minggu

Prediksi Line Up Persib Bandung, Arema FC hingga PSM Makassar di Liga 1 2019

Maka dari itu para penumpang disarankan untuk membeli voucher bagasi (pre-paid baggage) dengan pengelompokan bagasi berlaku dengan kelipatan 5 Kg, yaitu +5 Kg, +10 Kg, +15 Kg, +20 Kg, +25 Kg, dan +30 Kg, dengan tarif biaya bagasi yang berbeda-beda, tergantung rute tujuannya.

Jika kelebihan bagasi (Excess Baggage), maka akan diberlakukan tarif bagasi per 1 kilogram jika waktu sudah memasuki pada 6 jam keberangkatan dan tidak melakukan pemesanan voucher bagasi (prepaid baggage) pada saat reservasi tiket.

Reza mengasumsikan semisal penumpang membawa barang bawaan bagasi sekitar 7 Kg, penumpang disarankan membeli voucher bagasi 10 Kg, karena bagasi bawaan penumpang melebihi kategori 5 Kg.

"Jika membeli voucher bagasi 5 Kg sedangkan barang bawaan 7 Kg, maka dikenakan biaya excess baggage per kilogram-nya," terangnya.

Setiap calon penumpang dapat membeli voucher bagasi bersamaan saat pembelian tiket, atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan.

Voucher bagasi dapat dibeli melalui website Lion Air ketika sedang memesan tiket, kantor penjualan tiket Lion Air Group atau melalui agen perjalanan tour and travel.

Halaman
1234
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved