Gubernur Jabar Ridwan Kamil Sumbang Desain Masjid untuk Dibangun di Palestina

Gubernur Emil menyebut, desain masjid untuk Palestina dipilih sesuai permintaan warga di Gaza.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Sumbang Desain Masjid untuk Dibangun di Palestina
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Didi (kedua dari kiri) berhasil mendapatkan kemeja berdesain bendera Palestina seharga Rp 15 juta yang dilelang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai peluncuran desain Masjid Besar Indonesia Pertama yang akan dibangun di Gaza Palestina pada gelaran Jabar Peduli Palestina di Masjid Salman ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Minggu (27/1/2019). Aman Palestina bekerjasama dengan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina serta Badan Wakaf Salman ITB berkomitmen mengumpulkan donasi dari warga Jawa Barat untuk membangun ulang Masjid Syekh Ajlin di Jalur Gaza Palestina yang dihancurkan agresi Israel tahun 2014, dengan anggaran yang diperlukan sebesar Rp 20 miliar. Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ridwan Kamil Sumbang Desain Masjid untuk Dibangun di Gaza, Palestina, http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/27/ridwan-kamil-sumbang-desain-masjid-untuk-dibangun-di-gaza-palestina. Editor: Sugiyarto 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga seorang arsitek ini mengumumkan desain masjid untuk dibangun di Gaza, Palestina, kepada publik.

Desain karyanya itu, kemudian ia titipkan kepada organisasi Aman Palestin, untuk kemudian dilakukan sosialisasi penggalangan dana.

"Kita ada aspirasi dari masyarakat Gaza Palestina yang masjidnya hancur akibat peperangan, ini inisiatif Aman Palestin memberikan gagasan bagaimana kalau kita rakyat Indonesia minimal Jawa Barat, untuk melakukan 'udunan,' bagaimana kita bisa memberikan bantuan membangun kembali masjid yang hancur itu," kata Emil, panggilan Gubernur Jabar, di Masjid Salman ITB, Minggu (27/01/2019).

Gubernur Emil menyebut, desain masjid untuk Palestina dipilih sesuai permintaan warga di Gaza.

Dari empat desain yang diperlihatkan Emil sebagai opsi, masyarakat Gaza memilih desain masjid berkubah.

"Konsepnya 5 kubah utama yang menyimbolkan rukun Islam," jelas Emil.

Adapun dinding masjid, menggambarkan relief Asmaul Husna. Sementara ornamen khas Jawa Barat juga akan diadaptasi pada interior masjid.

Baca juga:

24 Tahun Mengukir Prestasi untuk Indonesia, Ini Ucapan Perpisahan Liliyana Natsir

32 Besar Piala Indonesia - Bertandang ke Markas Perseru Serui, Mitra Kukar Ditahan Imbang Tanpa Gol

Halaman
12
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved