Jelang Imlek, Klenteng Guang De Miao Mandikan Patung Dewa Dewi, Ada yang Berusia Seratus Tahun

Sekitar 36 patung dewa-dewi dari dua bangunan klenteng, Guang De Miao dan Ching Lin Tien, diturunkan dari altar oleh petugas.

Jelang Imlek, Klenteng Guang De Miao Mandikan Patung Dewa Dewi, Ada yang Berusia Seratus Tahun
Tribunkaltim/Rachmad Sujono
Prosesi rutinitas pemandian dewa-dewi dalam rangka menjelang Imlek pada (5/2) mendatang di Kelenteng Guang De Miao Pasar Baru Balikpapan, Selasa (29/1). Sebanyak 36 patung dimandikan, selain itu juga membersihkan bangunan juga mengecat ulang warna yang sudah pudar. 

Jelang Imlek, Klenteng Guang De Miao Mandikan Patung Dewa Dewi, Ada yang Berusia Seratus Tahun

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Umat Konghucu di Klenteng Guang De Miao, Jalan Bukit Niaga no 28 Balikpapan melaksanakan prosesi pemandian patung dewa-dewi pada Selasa (29/1).

Prosesi ini digelar dalam rangka menyambut perayaan Imlek pada 5 Februari mendatang.

Sekitar 36 patung dewa-dewi dari dua bangunan klenteng, Guang De Miao dan Ching Lin Tien, diturunkan dari altar oleh petugas.

Patung-patung tersebut dibersihkan dari debu, dan dicuci di dalam baskom yang berisi air bercampur bunga-bungaan. Bukan hanya itu, seluruh bagian klenteng juga dibersihkan, dan dicat ulang dengan warna dominan merah dan emas.

Buka Diskusi Media Digital, Jam Tangan Gubernur Kaltim Isran Noor Jadi Palu

Rekap Sementara Leg Pertama 32 Besar Piala Indonesia - Arema, Persija dan PSM Makassar Menang Mulus

Sambut Hari Pers 2019, Alfamidi Beri Cashback 50 Persen Khusus Wartawan Seluruh Indonesia

Kepala Klenteng Guang De Miao, Hindro Arie Wijaya, mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebelum perayaan Imlek.

"Ini dilaksanakan dalam satu hari ini, dan harus selesai," ungkapnya.

"Jadi setelah dewa-dewi dimandikan, mereka akan dikenakan pakaian baru berwarna merah. Begitu diberi pakaian dewa-dewi akan naik ke langit membuat laporan, nanti dekat Imlek dia turun," lanjutnya lagi.

Prosesi rutinitas pemandian dewa-dewi dalam rangka menjelang Imlek pada (5/2) mendatang di Kelenteng Guang De Miao Pasar Baru Balikpapan, Selasa (29/1). Sebanyak 36 patung dimandikan, selain itu juga membersihkan bangunan juga mengecat ulang warna yang sudah pudar.
Prosesi rutinitas pemandian dewa-dewi dalam rangka menjelang Imlek pada (5/2) mendatang di Kelenteng Guang De Miao Pasar Baru Balikpapan, Selasa (29/1). Sebanyak 36 patung dimandikan, selain itu juga membersihkan bangunan juga mengecat ulang warna yang sudah pudar. (Tribunkaltim/Rachmad Sujono)

Menurut Hindro, usia patung-patung yang ada di klenteng Guang De Miao ada yang mencapai usia lebih dari 100 tahun, mengingat Klenteng Guang De Miao sendiri akan berulang tahun yang ke-104 pada 8 Maret mendatang.

"Jadi patung-patungnya sama tuanya dengan klenteng ini. Bahkan ini loncengnya saja juga sudah seratusan tahun," ujarnya sambil menunjuk lonceng berwarna merah yang terbuat dari logam tebal.

"Ada dua buah patung yang menjadi tuan rumah utama di Klenteng ini, yang di bangunan bawah atau Guang De Miao, ada patung Tepekong Yeye. Sedangkan untuk patung di Klenteng atas, atau Klenteng Ching Lin Tien adalah San San Jiu Hou."

Prosesi rutinitas pemandian dewa-dewi dalam rangka menjelang Imlek pada (5/2) mendatang di Kelenteng Guang De Miao Pasar Baru Balikpapan, Selasa (29/1).
Prosesi rutinitas pemandian dewa-dewi dalam rangka menjelang Imlek pada (5/2) mendatang di Kelenteng Guang De Miao Pasar Baru Balikpapan, Selasa (29/1). (Tribunkaltim/Rachmad Sujono)

Sebagai satu-satunya Klenteng di Balikpapan, Guang De Miao menjadi pusat doa bagi seluruh umat Konghucu yang ada di Balikpapan. Empat paguyuban Tionghoa di Balikpapan, seperti Kuangsaw, Pintu Emas, Harapan Insani, dan Hainam, seluruhnya melaksanakan doa di Guang De Miao.

Dalam menyambut Imlek Hindro juga mengharapkan kota Balikpapan lebih kondusif dan lebih aman. "Dan yang pasti para pengusaha ekonominya lebih bagus lah," tutupnya. (m08)

Penulis: Christine
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved