Tahun Ini Pemkot Balikpapan tak Dapat Aliran Jargas, Ternyata Ini Penyebabnya

Diketahui dari dua tahun berturut, setiap tahunnya Balikpapan mendapatkan bantuan dari Kementerian ESDM untuk jaringan gas ke rumah-rumah warga.

Tahun Ini Pemkot Balikpapan tak Dapat Aliran Jargas, Ternyata Ini Penyebabnya
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Pembangunan galian tanah untuk saluran jargas di kawasan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim pada Kamis (5/7/2018) siang. 

Tahun Ini Pemkot Balikpapan tak Dapat Aliran Jargas, Ternyata Ini Penyebabnya

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Warga Kota Balikpapan harus bersabar, lantaran tahun ini belum mendapat aliran jaringan gas (jargas) yang baru. 

Diketahui dari dua tahun berturut, setiap tahunnya Balikpapan mendapatkan bantuan dari Kementerian ESDM untuk jaringan gas ke rumah-rumah warga.

"Tahun ini jargas tidak dapat. Seharusnya Balikpapan mendapatkan 10 ribu jaringan gas tahun ini, namun pembangunannya ditunda karena pelaksanaan pemeliharaan infrastrukturnya yang sebelumnya belum selesai," kata Arzaedi Rachman PLT Dinas Perdagangan Pemkot Balikpapan, Selasa (29/1/2019).

13 Pemain yang Bela Mitra Kukar saat Lawan Perseru Kemungkinan Jadi Skuat Naga Mekes di Liga 2 2019

Pemkot Balikpapan Bangun Klinik Anak Berkebutuhan Khusus, Dilengkapi Fasilitas Kolam Renang

Live Streaming 32 Besar Piala Indonesia - PS Mojokerto Putera Vs Borneo FC Tayang Hari Ini

Diperkirakan, di tahun berikutnya Balikpapan bisa mendapatkan aliran jargas lagi. Hingga saat ini baru 8 ribu jaringan gas yang dibangun dari tahun 2018.

"Diselesaikan dulu yang 2018, karena masa pemeliharaanya satu tahun sampai tahun 2019 akhir. Didalam masa pemeliharaan ini menurut Kementerian ditunda dulu untuk pelaksanaan infrastruktur baru," kata Arzaedi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja (kedua dari kanan) saat melakukan pengecekan pengerjaan jaringan gas di Balikpapan.
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja (kedua dari kanan) saat melakukan pengecekan pengerjaan jaringan gas di Balikpapan. (tribunkaltim.co/amanda liony)

Hal ini menghindari terjadinya tumpang tindih di lapangan. Sehingga pemeliharaan aliran yang lama diselesaikan. Kemudian baru ada pembangunan lagi.

"Kalau target di RPJMD ingin menjadikan Balikpapan Kota Gas, atau City Gas. Artinya seluruh Permukiman di Balikpapan ini dapat teraliri Gas," ujar Arzaedi.

Saat ini baru di Balikpapan Tengah yang mengusulkan pembangunan jargas, sekitar 27 ribu jaringan.

"Sekarang ini baru empat kelurahan yang teraliri. Sifatnya pembangunan ini tidak bisa melompat, karena mengikuti aliran yang ada sebelumnnya," katanya. (*) 

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved