Dana Kemanusian Kompas Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa di Sulteng

Dana Kemanusiaan Kompas akan menyerahkan dua kompleks huntara di Sigi dan Palu, Sulawesi Tengah kepada pemda setempat

Dana Kemanusian Kompas Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa di Sulteng
IST
Bangunan hunian sementara untuk korban gempa Palu dan Donggala, Sulteng dari Dana Kemanusian Kompas yang diserahkan Kamis (31/1/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sebagai kelanjutan proyek rehabilitasi bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada September 2018 lalu, Dana Kemanusiaan Kompas akan menyerahkan dua kompleks huntara di Sigi dan Palu, Sulawesi Tengah kepada pemda setempat pada Kamis (31/1) besok.

Kedua huntara ini berlokasi di Desa Lolu, Kecamatan Sigi, Biromaru, Kabupaten Sigi, menempati lahan sekitar 5 hektare, dan Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, dengan luasan lahan kurang lebih 4 hektare.

Nilai proyek di dua lokasi tersebut Rp 5,4 miliar dengan kelengkapan fasilitas yang dibangun di kedua kompleks huntara berupa hunian sementara sejumlah 16 unit (per unit 10 bilik untuk 10 KK). Selanjutnya KM/WC sebanyak 4 unit berikut septic tank, torn air, area tempat cuci, aula 1 unit, dan dapur umum 1 unit.

Baca: DPR RI MInta Kebijakan Bagasi Berbayar Ditunda, Ini Respon Lion Air

Serah terima kedua kompleks huntara dilakukan Wakil Pemimpin Umum Harian KOMPAS Budiman Tanuredjo kepada Wakil Bupati Sigi Paulina Martono dan Sekretaris Daerah Kota Palu Asri L. Sawayah, disaksikan oleh Ketua yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Rusdi Amral, Kamis pagi 31 Januari 2019 pukul 09.00 WITA di lokasi huntara Desa Lolu, Sigi.

Turut menyaksikan serah terima ini musisi Dewa Budjana dan Oppie Andaresta sebagai inisiator acara pengumpulan dana bencana gempa bumi Sulawesi Tengah melalui panggung musik “Ditaris untuk Indonesia: Puisi Cinta Bagi Negeri” di Bentara Budaya Jakarta, 12 Oktober 2018.

Baca: Polemik Pembebasan Abu Bakar Baasyir, Mahfud MD Beber Solusi Satu-satunya Ini

Melalui panggung musik amal itu terkumpul dana sumbangan sebanyak Rp 3.669.884.244. Total donasi dari masyarakat melalui rekening DKK adalah sebanyak Rp 15,6 miliar dengan peruntukan sumbangan tanggap bencana (darurat) dan proyek rehabilitasi fisik. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved