Pemilu 2019

Sejumlah Caleg Keberatan Balihonya Dicabut Secara Sepihak, Ini Penjelasan Pertamina

Pertamina menanggapi beberapa caleg dan pengurus Partai Politik (Parpol) di Kota Balikpapan yang menyayangkan adanya pencabutan baliho secara sepihak.

Sejumlah Caleg Keberatan Balihonya Dicabut Secara Sepihak, Ini Penjelasan Pertamina
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Puing sisa baliho caleg yang yang dicabut di sekitar kawasan lahan Pertamina di depan Hotel Blue Sky, Balikpapan Barat. 

Sejumlah Caleg Keberatan Balihonya Dicabut Secara Sepihak, Ini Penjelasan Pertamina

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pertamina menanggapi beberapa calon legislatif (caleg) dan pengurus Partai Politik (Parpol) di Kota Balikpapan yang menyayangkan adanya pencabutan baliho caleg secara sepihak di kawasan lahan PT Pertamina sekitar daerah Balikpapan Barat.

Pertamina mengaku telah memasukkan surat resmi ke Bawaslu pada Rabu (30/1/0219) kemarin, sekitar pukul 14.00 wita.

Kepala Security Pertamina, Cahyono mengungkapkan, hal itu agar dapat memproses lebih lanjut terkait pemasangan baliho tidak resmi di area perumahan Pertamina

"Dan mulai saat ini penertiban di serahkan kepada Bawaslu. Suratnya Rabu siang jam 14.00 wita sudah dikirim kepada Bawaslu Balikpapan," ujarnya.

Terpisah, ketua Bawaslu Kota Balikpapan, Agustan mengungkapkan, terkait surat laporan dari Pertamina soal pemasangan baliho tidak resmi di area perumahan Pertamina, hingga saat ini dirinya belum menerima surat tersebut dan telah mengecek ke staf kantor Bawaslu Kota Balikpapan namun belum ada masuk.

Para Caleg di Balikpapan Ini Keberatan Balihonya Dicabut Secara Sepihak

Satpol PP PPU Tertibkan Sejumlah Baliho Caleg yang Dipasang Tak Sesuai Ketentuan

Gara-gara Protes Foto di Baliho, Gatot Nurmantyo Kena Gerakan Unfollow di Twitter

Usai Diprotes, Foto Gatot Nurmantyo Tak Lagi Terlihat di Baliho BPN Prabowo-Sandi, Ini Gantinya

"Saya cek di staf belum masuk," pungkasnya, Kamis (31/1/2019).

Diberitakan sebelumnya, penjelasan pihak Pertamina sesuai surat edaran Direksi PERTAMINA no. E-01/K00000/2018-S0 tentang Penegasan Kembali Atas Netralitas dan Larangan Penggunaan Sumber Daya BUMN Dalam Kegiatan Politik Praktis Pilkada dan Pemilihan Legislatif, Pertamina RU V berupaya untuk melaksanakan perintah Direksi tersebut dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, dengan maraknya pemasangan baliho-baliho kampanye di area perumahan Pertamina dimana pemasangannya sendiri dilakukan tanpa seizin dari pihak Pertamina, maka dari Bagian Security secara bertahap telah melakukan proses pencabutan atau pelepasan baliho tersebut.

Area perumahan yang diketahui saat ini sudah dipasangi baliho diantaranya area perumahan Dahor, Kebun Bunga, Gunung Dubs dekat Prapatan dan Gunung Pipa.

Paralel proses pencabutan baliho tersebut, juga sudah membuatkan surat resmi ke Bawaslu agar dapat memproses lebih lanjut terkait pemasangan baliho tidak resmi ini di area perumahan Pertamina.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018, terdapat empat titik yang dilarang dalam memasang APK, yakni di tempat ibadah, tempat kesehatan, tempat pendidikan dan gedung pemerintah. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved