Breaking News:

Pemeriksaan BPK

1022 Temuan Hasil Pemeriksaan BPK Terhadap Pemprov Kaltim, Dana Bos Salah Satu Rekomendasinya

Namun sejak tahun lalu Pemprov sudah mengupayakan pelatihan tentang tata usaha kepada pengelola dana agar lebih memahami akuntan dan aturan.

Penulis: tribunkaltim | Editor: Martinus Wikan
Tribunkaltim.co / Cornel Dimas
Kepala Perwakilan BPK Kaltim, Raden Cornell Syarief Prawirdiningrat (keempat dari kiri) menyambut kunjungan DPD RI di Kantor BPK Kaltim Jalan M Yamin, Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (30/1/2019). 

1022 Temuan Hasil Pemeriksaan BPK Terhadap Pemprov Kaltim, Dana Bos Salah Satu Rekomendasinya

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Pemprov Kaltim pada tahun 2018 yaitu 1022 rekomendasi. Sejauh ini temuan yang sudah ditindaklanjuti berjumlah 777. 

Asisten III Pemprov Kaltim, Bere Ali mengatakan temuan BPK itu lebih banyak didominasi persoalan yang sifatnya administratif. Seperti soal pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Dominan dalam hal-hal yang sifatnya administratif seperti dana BOS. Ini disebabkan oleh sekolah yang tidak paham akuntan," kata Bere Ali di kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada, Samarinda Kalimantan Timur, Jumat (1/2/2019). 

Bere mengakui, beberapa tenaga pengelola dana BOS di sekolah belum memahami akuntan.

Namun sejak tahun lalu Pemprov sudah mengupayakan pelatihan tentang tata usaha kepada pengelola dana agar lebih memahami akuntan dan aturan.  

"Tentu menjadi kewajiban kita untuk terus melatih pengelola keuangan di sekolah-sekolah agar sesuai dengan aturan pengelolaan keuangan. Masalahnya begini, hanya karena ketidaktahuan jangan sampai dianggap korupsi," ucapnya. 

Tak hanya di Pemprov, masalah pengelolaan dana BOS juga terjadi di Kabupaten / Kota.

Kukar misalnya yang mayoritas pengelolaan akutansi keuangannya dilakukan oleh guru. Bahkan Kepala Sekolah juga turut mengurusi soal keuangan. 

Selain soal pengelolaan dana BOS, problem kedua yang mendominasi adalah tentang aset Pemprov. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved