Jarak Guguran Lava Gunung Karangetang hanya 300 Meter dari Permukiman, Warga Dievakuasi

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mengeluarkan lava, Sabtu (02/02/2019).

Jarak Guguran Lava Gunung Karangetang hanya 300 Meter dari Permukiman, Warga Dievakuasi
setkab.go.id
Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. 

Jarak Guguran Lava Gunung Karangetang hanya 300 Meter dari Permukiman, Warga Dievakuasi

TRIBUNKALTIM.CO, MANADO - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mengeluarkan lava, Sabtu (02/02/2019).

Informasi yang didapat, guguran lava melewati jalur Kali Marebuhe dan Batuare di Kampung Batubulan, Kecamatan Siau Barat Utara.

Jarak guguran lava dengan pemukiman warga sekitar 300 meter.

Sedangkan jarak guguran lava dengan ruas jalan antara Lindongan I Kampung Batubulan dan Lindongan II Kampung Batubulan sekitar 200 Meter.

Untuk sementara, jumlah masyarakat yang dievakuasi dari Kampung Batubulan ke Kampung Kawahang berjumlah 22 jiwa yakni laki-laki ada 8 orang, perempuan 10 orang, anak-anak 4 orang.

Adapun tindakan dari BPBD dan aparat TNI-Polri di Sitaro yaitu mengimbau masyarakat yang masih sementara bekerja di dekat Kali Marebuhe dan Kali Batuare agar berhenti melakukan aktivitas pekerjaan.

Kemudian, mengevakuasi masyarakat yang dekat dengan Kali Malebuhe dan Kali Batuare untuk pindah ke tempat yang lebih aman.

Menutup akses jalan antara Lindongan I dan Lindongan II Kampung Batubulan, Kecamatan Siau Barat Utara, yang dilewati lava di kali.

Masyarakat juga diimbau untuk lebih waspada saat malam hari apabila terjadi guguran lahar atau awan panas.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved