Mau Berhemat tanpa Merasa Tersiksa? Simak Tipsnya

MUNGKIN hampir setiap tahun baru kita kita beresolusi untuk mulai hidup lebih hemat. Namun hal tersebut tentu tidak mudah dilakukan.

Mau Berhemat tanpa Merasa Tersiksa? Simak Tipsnya
Zinkevych
Pria belanja online 

TRIBUNKALTIM.CO- MUNGKIN hampir setiap tahun baru kita kita beresolusi untuk mulai hidup lebih hemat. Namun hal tersebut tentu tidak mudah dilakukan. Ada saja alasan dan halangan yang membuat kita kembali boros. Lantas bagaimana caranya untuk mulai hidup hemat sebagaimana mestinya?

VIDEO - Cara Mudah Berhemat

Resolusi Keuangan Tahun Ini, Wajib Lunasi Utang! Ini Tipsnya

1. Berpikir dua kali sebelum membeli
CEO Coastal Wealth dan perencana keuangan Jeremy Straub menjelaskan, akankah lebih baik untuk kita menanyakan pada diri sendiri sebelum membeli sebuah produk mahal.
Cobalah untuk berpikir dua kali sebelum mengeluarkan banyak uang.
Menurut Jeremy, membeli barang mahal apapun bisa masuk dalam kategori pemborosan dan tidak bisa disebut sebagai inventasi.
Selain itu, menurut penelitian dari University of Minnesota's Carlson School of Management, rasa lapar membuat kamu lebih ingin memiliki sesuatu. Yup, kamu akan lebih tergoda untuk membeli barang saat sedang lapar! Jadi, pastikan perut dalam keadaan kenyang saat akan pergi berbelanja.

Ilustrasi minum kopi
Ilustrasi minum kopi (ViewApart)

2. Ngopi
Berkumpul sambil meminum kopi bersama teman tentu mengasyikan. Jika dilakukan secara rutin, tentu hal ini akan bertolak belakang dengan pola hidup hemat yang sudah direncanakan.
Misal, satu cangkir kopi seharga Rp 50.000, terkesan murah memang, namun jika dilakukan terus menerus maka akan berpengaruh cukup banyak pada pengeluaran kita.

Ilustrasi- Jangan sering mengganti HP tiap tahun
Ilustrasi- Jangan sering mengganti HP tiap tahun (SHUTTERSTOCK)

3. Tidak selalu menganti gadget
Siapa yang tak tergoda untuk mengganti ponsel lama setiap melihat peluncuran gadget terbaru.
Dilansir dari Kompas.com, Rob Webber, seorang perencana keuangan mengatakan, mengganti ponsel baru tentulah bukan hal genting dan harus dilakukan.
Menurutnya, ponsel terbaru terkadang hanya menambahkan beberapa fitur baru saja dari model sebelumnya.

4. Memiliki semua barang branded
Belilah barang sesuai apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Jangan sampai hanya melihat brand tertentu saja kita menjadi mudah dan ringan untuk menggelontorkan banyak uang.
Dibanding membeli semua barang bermerek dan mahal, Jeremy Straub lebih menyarankan kita untuk mix and match dari beberapa outfit yang sudah kita miliki.

Belanja di Mal
Belanja di Mal (Zürich's Shopping Boulevard)

5. Gunakan uang tunai
Memang sih memakai kartu itu lebih praktis. Tapi, ketika menggunakan kartu kamu akan lebih mudah untuk mengeluarkan uang. Sebab, kalau kamu menggunakan metode "gesek" kamu tidak benar-benar merasakan uang itu hilang dari dompet kamu. Saran Cosmo, lebih baik gunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. (*) 

Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Rita
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved