Putus Asa Karena Diet Selalu Gagal, Mungkin Ini Penyebabnya

SERING diet namun selalu gagal? Tak usah sedih, Anda tidak sendiri.Tak sedikit orang yang menyasar target berat badan tertentu

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi- Diet kerap gagal? Mungkin ada yang salah dalam melakukan diet 

TRIBUNKALTIM.CO - SERING diet namun selalu gagal? Tak usah sedih, Anda tidak sendiri. Tak sedikit orang yang menyasar target berat badan tertentu namun harus berujung kecewa karena berbagai usahanya tak membuahkan hasil.

Tak perlu berputus asa, sebab mungkin saja enam faktor berikut menjadi alasan mengapa diet yang kamu lakukan tak kunjung mengantarmu ke target penurunan berat badan yang sehat:

1. Tidak mengkonsumsi bahan makanan alami

Ketika diet, cobalah hindari konsumsi makanan olahan dan instan. Sebagai gantinya kamu bisa menambahkan serelia utuh seperti oat atau pun sumber serat lainnya untuk menjaga perut tetap kenyang dan mencegahmu mengkonsumsi makanan ringan tidak sehat.

2. Tak bisa mengontrol makan pada periode "cheating"

Setelah menjalani diet yang cukup panjang, kita tentu boleh merayakannya dengan satu "cheat day" atau hari dimana kita tidak menjalani pola diet tersebut. Namun, cheat day tersebut menjadi salah jika kita tidak bisa mengontrol diri untuk makan banyak makanan tidak sehat.

Seperti makanan cepat saji atau dessert yang tidak sehat. Berlakukan hari bebas makan itu hanya ketika kamu berhasil mencapai target kebugaran tertentu dan terapkan pola diet ketat pada periode yang lama.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan porsi makan pada cheat day. Jangan sampai kamu mengkonsumsi makanan berlebihan karena kelebihan kalori akan merusak segala usahamu.

3. Minum minuman tinggi gula

Jus buah kemasan dan minuman olahraga berpotensi mengandung gula dalam jumlah besar yang tidak baik untuk segala jenis fiet penurunan berat badan. Segelas jus buah kemasan bahkan bisa mengandung gula sejumlah satu buah utuh, tanpa kandungan serat dan nutrisi yang seharusnya ada.

Halaman
12
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved