Diskominfo dan DILo Selenggarakan Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik untuk Balikpapan

Diskominfo dan DILo Selenggarakan Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik untuk Balikpapan

Diskominfo dan DILo Selenggarakan Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik untuk Balikpapan
HO / DILo Balikpapan
eserta dan juri berfoto bersama usai seleksi proposal pada Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik Berbasis Mobile yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan, pada Sabtu (2/2/2019) yang kegiatan seleksi Proposal dilakukan di Digital Innovative Lounge (DILo) Balikpapan. 

Diskominfo dan DILo Selenggarakan Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik untuk Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-122 Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar berbagai rangkaian acara, salah satunya adalah Lomba Pembuatan Aplikasi Layanan Publik Berbasis Mobile yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan, pada Sabtu (2/2/2019) yang kegiatan seleksi Proposal dilakukan di Digital Innovative Lounge (DILo) Balikpapan.

Seleksi proposal tersebut diawali dengan sambutan Adamin Siregar, Kabid E-Government Diskominfo Balikpapan. Kegiatan tersebut merupakan kompetisi membangun aplikasi mobile berbasis platform Android maupun iOS, dengan mengusung tema ‘Balikpapan Nyaman dengan Layanan Online’.

“Kami mengajak masyarakat Kota Balikpapan untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya,” tutur Adamin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menampung ide-ide kreatif masyarakat Kota Balikpapan dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile, khususnya para developer aplikasi mobile yang baru.
Disamping itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi Pemerintah Kota Balikpapan.

“Aplikasi berbasis mobile ini diharapkan mampu mendukung penyelenggaraan pelayanan publik. Sehingga melalui penerapan aplikasi tersebut, pelayanan kepada masyarakat semakin maksimal,” lanjut Adamin.

Dalam Seleksi Proposal ini diikuti sebanyak 16 tim yang masing-masing berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum. Dalam seleksi ini menghasilkan 10 ide terbaik dan akan berlanjut ke Final yang akan diselenggarakan pada Jumat (8/2/2019) mendatang di gelaran GO-FOOD Festival, Mall Balikpapan Baru. Rencananya pada babak final ini akan dihadiri oleh Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi, SE.

"Setelah didapat pemenangnya, rencananya, para finalis dan aplikasi mereka akan dikembangkan di Kota Balikpapan," ujar Istia Budi, Head of DILo Balikpapan sekaligus juri pada seleksi tersebut. Finalis tim tersebut akan memperebutkan hadiah dengan total nilai Rp 22 Juta. (*)

10 Tim Lolos Final :

  1. Hore (Adimas) – 87.28
  2. Autobot (e-trans) – 86.12
  3. AR Team (AR maps) – 85.34
  4. Kotaku (Kotaku) – 85.12
  5. Here Team (Park Here in) – 83.32
  6. Bee Project (Siab) – 83.1
  7. Senduk (Sensus Penduduk Terpadu) – 82.34
  8. Bihealth Squad (Bihealth) – 80.76
  9. 101Creative.id (BSC) – 80.44
  10. Lollipop (PBB) – 80.16
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved