Bantu Mendistribusikan Logistik Bencana Sulteng, Lanud Dhomber Balikpapan Raih Penghargaan

Bantu Mendistribusikan Logistik Bencana Sulteng, Lanud Dhomber Balikpapan Raih Penghargaan

Bantu Mendistribusikan Logistik Bencana Sulteng, Lanud Dhomber Balikpapan Raih Penghargaan
HO / LANUD DHOMBER BALIKPAPAN
Penyerahan piagam penghargaan oleh Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsda TNI Henri Alfiandi kepada Danlanud Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramuda beberapa waktu lalu. 

Bantu Mendistribusikan Logistik Bencana Sulteng, Lanud Dhomber Balikpapan Raih Penghargaan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Duka para korban bencana gempa dan tsunami Sulteng membuat seluruh warga Balikpapan bergerak. Bantuan tak henti-hentinya mengalir bahkan sampai membludak tak terkendali, membuat aparat maupun petugas pemerintah kewalahan.

Namun di sanalah letak kemanusiaan. Kendati tak sedarah, warga Sulteng juga merupakan saudara. Semua warga Balikpapan saat itu berlomba untuk menghapus air mata, dan perut mengisi perut warga Sulteng yang lapar.

Salah satu tempat yang paling sibuk kala itu yakni Base Ops Lanud Dhomber Balikpapan. Setiap hari belasan pesawat tempur nasional maupun asing terbang landas mengangkat bantuan.

Sebagai kota penyangga penanggulangan bencana Sulteng, puluhan ribu warga Sulteng mendarat di kota minyak (julukan Balikpapan). Mereka mengevakuasi korban bencana. Selain itu juga menyalurkan logistik yang berasal dari penjuru Indonesia.

Leading sector saat itu tak lain adalah prajurit TNI AU. Mereka mengatur pendistribusian logistik bantuan menggunakan pesawat militer. Melayani para korban pengungsi yang bertahan di Balikpapan. Tenda-tenda darurat dibuat senyaman mungkin. Tak ada kata kehabisan makanan di sana, kendati hanya makanan ringan.
Anak-anak dihibur dengan para relawan dan petugas pemerintah. Kala itu nama Balikpapan harum namanya, lantaran melayani pengungsi dengan sepenuh hati. Pujian tak hanya terlontar dari warga lokal, namun sampai ke tingkat pusat.

Rasanya pantas bila Lanud Dhomber diganjar penghargaan. Tak mudah mengurus semua hal tersebut. Sinergitas dan ikhlas itulah kunci mereka menunaikan tugas.

Baca: Dishub Balikpapan Siapkan Dua Shuttle Car untuk Tamu Pemkot saat Rapat Paripurna HUT Kota Balikpapan

Baca: Belum Kantongi IMB, Komisi III DPRD Balikpapan Minta Pembangunan Perumahan Caladium 3 Dihentikan

Pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Tahun Anggaran 2019 bertempat di Ruang Rapat Bekmatpus Dismatau, Jakarta, Senin (4/2/2019), Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi, memberikan piagam penghargaan kepada jajaran Lanud yang dianggap mempunyai prestasi yang menonjol dalam pelaksanaan tugas.

"Salah satunya Lanud Dhomber atas kerja sama yang baik seluruh prajurit dan PNS TNI AU dalam kelancaran penyaluran bantuan bencana alam di Palu," kata Danlanud Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramuda, pada Tribun Kaltim, Selasa (5/2/2019).

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsda TNI Henri Alfiandi ketika membuka acara Rakernis mengatakan, bahwa Rakernis Koopsau II, merupakan media evaluasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2018 serta permulaan kegiatan tahun anggaran 2019.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved