Breaking News:

TNI AU Bakal Bakal Siapkan Pesawat Tempur di Kabupaten Berau

"Kalau lancar, tahun ini mungkin sudah bisa menempatkan pesawat tempur di Berau," tandasnya.

Penulis: Geafry Necolsen | Editor: Anjas Pratama
Tribunkaltim.co/ Geafry Necolsen
Jajaran TNI AU saat berkunjung ke Kabupaten Berau, Jumat (15/2/2019). Kedatangan mereka untuk meninjau kelayakan bandara yang landasan pacunya juga akan digunakan untuk pesawat tempur. 

TANJUNG REDEB, TRIBUNKALTIM.CO - Untuk memperkuat pertahanan di wilayah utara Kalimantan Timur, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), berencana menempatkan sejumlah pesawat tempur di Kabupaten Berau.

Hal ini diungkapkan oleh Kolonel Penerbang TNI AU, Irwan Pramuda yang juga menjabat sebagai Komandan Lapangan Udara TNI AU Balikpapan, usai meninjau Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, Jumat (15/2/2019).

Irwan mengatakan, TNI AU memandang perlu untuk menempatkan pesawat tempur, guna menjaga wilayah perbatasan. Terlebih lagi, Kabupaten Berau memang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina.

"Ini untuk mengantisipasi ancaman dari wilayah utara. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi eskalasi (konflik), kita sudah men-deploy (menempatkan) pesawat tempur kita," kata Irwan kepada Tribunkaltim.co saat ditemui di rumah dinas Bupati Berau.

Prabowo Subianto Sebut tak Pernah Minta Dukungan ke Tokoh Agama

Ibukota Mahulu Hanya Miliki ATM dari 2 Bank Ini , Cek Lokasinya

2 Pekan Terombang Ambing di Laut, Warga Filipina Ini Diselamatkan Nelayan Berau

Bersama para petinggi dari Mabes TNI, Irwan mengatakan, pihaknya telah meninjau Bandara Kalimarau, yang menurutnya cukup layak untuk penempatan pesawat tempur jenis sukhoi dan F-16.

"Kami sudah meninjau bandaranya, parkir (apron)nya, depo BBM (avtur) jugabsudah tersedia, hanya perlu penambahan kecil saja," ungkapnya.

Bahkan menurut Irwan, melihat luasan Bandara Kalimarau, wilayah ini bisa menampung satu skuadron (12 hingga 24) pesawat tempur.

"Tapi kalau untuk operasional (latihan tempur dan patroli), cukup 4 atau 5 pesawat saja," imbuhnya.

Setelah peninjauan ini, pihaknya akan langsung melapor ke Mabes TNI, agar rencana ini bisa segera direalisasikan.

"Kalau lancar, tahun ini mungkin sudah bisa menempatkan pesawat tempur di Berau," tandasnya.

Borneo FC vs PSS Sleman - Gol Titik Putih, Pesut Etam Unggul 1 -0 di Babak Pertama

Daftar Rekor MURI yang Pernah Dipecahkan Kota Balikpapan dari Tahun 2003 hingga 2019

Dalam beberapa tahun terakhir, TNI tampaknya terus memperkuat wilayah perbatasan di Kalimantan Timur. Di Kabupaten Berau sendiri, selain terdapat Komando Distrik Militer, juga ada Yon Armed dan Skadron Helikopter Serbu.

Menanggapi rencana ini, Bupati Berau, Muharram mengatakan, pihaknya akan mendukung rencana TNI ini.

"Karena wilayah kita memang berbatasan dengan Malaysia dan Filipina. Dengan kehadiran TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat, kita memiliki keamanan berlapis," ujarnya.

Muharram menambahkan, dirinya mendapat informasi, ada sekitar 200 personel TNI AU yang akan ditempatkan di Berau.

"Bandara kita dinilai sudah layak, ada depo avtur dan sebagainya, tinggal membangun barak (asrama TNI) saja, karena informasinya mereka akan menempatkan sekitar 200 personel," tandasnya. (*) 

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved