Debat Capres Kedua Terasa hingga Kaltim, Ikuti Diskusi Antar Timses Malam Ini

Aroma debat kedua antarcalon presiden pada Minggu (17/2) malam ini bakal terasa hingga ke Kaltim.

Debat Capres Kedua Terasa hingga Kaltim, Ikuti Diskusi Antar Timses Malam Ini
Tribunnews/Jeprima
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saling berpelukan dengan pasangan calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin usai mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Aroma debat kedua antarcalon presiden pada Minggu (17/2) malam ini bakal terasa hingga ke Kaltim. Debat kedua Pilpres 2019 disiarkan secara serentak di beberapa stasiun TV nasional mulai pukul 21.00 Wita.

Di Kaltim, pertarungan kedua calon, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi juga akan dibawa ke tingkat lokal. Hal ini tak lepas dengan digelarnya diskusi publik membahas hal-hal sesuai tema debat pilpres kedua. Kegiatan ini diinisiasi Lingkar Mediasi, wadah berkumpulnya masyarakat termasuk juga kalangan jurnalis di Kaltim.

"Kami sengaja gelar acara bersamaan dengan debat pilpres. Hal ini sekaligus ingin menguji bagaimana timses kedua calon menanggapi isu-isu lokal yang ada dibawa ke nasional," ujar Ketua Panitia Diskusi, M Sukrie Umi, Sabtu (16/2).

Buddhist Center Adakan Bazar Vegetarian, Pengunjung bisa Nikmati Hiburan Tari Naga dan Barongsai

Diskusi publik terkait pengelolaan sumber daya alam, energi, infrastruktur dan lingkungan hidup tersebut, dua kubu dari masing-masing timses akan saling bertatap muka.

"Dua timses perwakilan Kaltim sudah dipastikan datang. Dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Kaltim diwakili Syafrudin, Ketua DPW PKB Kaltim dan Rusman Ya'kub, Ketua DPW PPP Kaltim," kata Sukrie.

Sementara perwakilan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Kaltim diwakili Andi Harun, Ketua Gerindra Kaltim, dan satu nama lainnya masih menunggu konfirmasi.

Tak ingin debat kusir dan debat kosong, tiga panelis dari kalangan akademisi juga dihadirkan. Ketiganya dikenal sering menyoroti persoalan dan isu di Kaltim. Ketiganya, Herdiansyah Hamzah (Castro) dari Fakultas Hukum Unmul, Haerul Anwar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul, dan Rustam Fahmy dari Fakultas Kehutanan.

Empat Kali Dipecat, Ini Jumlah Duit Pesangan yang Dikantongi Jose Mourinho

Dalam diskusi tersebut, akan dilakukan dalam tiga sesi. Sesi pertama, tiap panelis bertanya kepada masing-masing timses. Setelah timses menjawab, panelis kembali diperbolehkan untuk memperdalam jawaban dari timses.

Sesi kedua, panelis kembali berikan pertanyaan kepada masing-masing timses. Jawaban dari timses kemudian akan ditanggapi oleh pihak timses yang lain. Yang menarik, akan tersaji di sesi ketiga. Di sesi tersebut juga akan dirangkai dengan nonton bareng debat Pilpres 2019. "Dalam sesi ketiga, kami akan minta tanggapan berlawanan," katanya.

VIDEO - Tendangan Bebas Buruk Ivan Perisic Tuai Sorotan, Peluang Bagus pun Menguap

Sampai Sabtu (16/2) malam, sejauh ini 100 orang dari masing-masing TKN dan BPN juga dikonfirmasi bakal hadir. Agenda diskusi publik digelar di lantai 12 Hotel Aston Samarinda. (anj)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved