Berita Video

VIDEO - Ganti Karung Bulog dengan Merk Lain, Pedagang Beras di Kota Samarinda diringkus

Pelaku mengemas kembali beras Bulog itu dengan karung merk Putri Agri seberat 25 Kg, sedangkan karung beras Bulog memiliki ukuran berat 50 Kg.

VIDEO - Ganti Karung Bulog dengan Merk Lain, Pedagang Beras di Kota Samarinda diringkus
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
BERAS OPLOSAN - Tumpukan beras Bulog yang telah berganti kemasan, diamankan di gudang Mapolsek Samarinda Seberang, Selasa (19/2/2019). 

Ganti Karung Bulog dengan Merk Lain, Pedagang Beras di Kota Samarinda diringkus

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Jajaran Polsek Samarinda Seberang menangani kasus keamanan dan mutu pangan.

Kasus ini mencuat akibat dari ramainya pelanggan yang membeli beras di kios sembako, jalan Cipto Mangunkusumo, RT 19, Loa Janan Ilir.

Setelah kepolisian melakukan penyelidikan dan penggeledahan pada Senin (18/2/2019) kemarin, sekitar pukul 13.00 Wita, diketahui pedagang beras bernisial Am (29) telah melakukan pemalsuan kemasan beras Bulog dengan merk lain.

VIDEO - Detik-detik Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Samarinda

Wajib Dicatat! Mulai 1 Maret Kuota Bagasi Gratis Sriwijaya Air Dikurangi, Ini Aturan Terbarunya

Tak Khawatir Elektabilitas Turun, Jusuf Kalla Sebut Alasan Kritik Kebijakan Jokowi demi Kebaikan

Selama ini pelaku membeli beras Bulog untuk dijual kembali. Namun, sebelum menjual kembali beras Bulog itu, terlebih dahulu pelaku menukar karung Bulog dengan karung lainnya dengan merk yang berbeda.

Pelaku mengemas kembali beras Bulog itu dengan karung merk Putri Agri seberat 25 Kg, sedangkan karung beras Bulog memiliki ukuran berat 50 Kg.

Lalu, pelaku menjual beras tersebut seharga Rp 9.000, dari harga aslinya sebesar Rp 8.600. Sesuai ketentuan dari Bulog, pedagang dapat kembali menjual beras Bulog dengan maksimal harga sebesar Rp 9.950.

"Beras Bulog memang boleh diperjual belikan kembali, asalkan harganya tidak melibihi ketentuan, dan karung tidak boleh diganti, boleh diganti dengan karung polos, asalnya si pedagang memberitahukan ke konsuman, bahwa itu beras Bulog," ucap Kapolsek Samarinda Seberang, Kompol Fatich Nurhadi, Selasa (19/2/2019).

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved