Wajah Awet Muda, Ini Dia Rutinitas Skin Care yang Harus Kamu Pakai tanpa Perlu ke Salon

PUNYA wajah segar dan awet muda tentu keinginan banyak orang. Semua diawali dengan melakukan rutinitas skin care atau perawatan wajah yang tepat.

Wajah Awet Muda, Ini Dia Rutinitas Skin Care yang Harus Kamu Pakai tanpa Perlu ke Salon
SHUTTERSTOCK
Perawatan kulit untuk mendapatkan kecantikan wajah 

TRIBUNKALTIM.CO- PUNYA wajah segar dan awet muda tentu keinginan banyak orang. Raut wajah segar dan awet muda bisa kita miliki walau tanpa menguasai teknik make up atau mengedit foto di ponsel. Semua diawali dengan melakukan rutinitas skin care atau perawatan wajah yang tepat.

Berikut ini adalah perawatan wajah yang tepat agar tampak segar dan awet muda.

1. Pembersih yang lembut

Membersihkan kulit wajah adalah langkah penting untuk menghilangkan semua produk make up atau perawatan kulit yang dipakai, termasuk debu dan polutan. Wajah yang bersih juga akan membuat produk perawatan kulit bisa meresap dan bekerja efektif. Meski begitu, gunakan pembersih wajah yang lembut untuk melindungi kulit dan mencegah dehidrasi. Pembersih wajah dengan kadar keasaman (pH) tinggi seperti sabun sangat keras dan bisa membuat kulit iritasi.

2. Pengelupasan

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi diri menjadi lambat. Padahal, sel kulit mati yang tidak segera diganti dengan sel yang segar akan membuat kulit terlihat kusam dan tidak rata, bahkan kering. Melakukan pengelupasan (exfoliasi) sangat membantu mengangkat sel kulit mati. Ada dua jenis pengelupasan, yakni fisik dan kimia.

Hindari mengelupas kulit dengan butiran gula atau sabun muka dengan butiran scrub yang terlalu kasar karena justru bisa mempercepat kulit kendur. Para ahli lebih merekomendasikan exfoliasi dengan zat kimia di klinik dokter. Zat yang dipakai itu bisa melepaskan ikatan antara sel kulit mati sehingga lebih mudah disingkirkan. Cara ini juga cocok untuk semua jenis usia.

3. Gunakan serum

Secara umum serum memiliki konsentrasi bahan aktif lebih tinggi dibanding pelembab. Zat anti-aging yang biasa dipakai adalah vitamin A (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam askorbat L dan magnesium ascorbyl phosphate). Selain meningkatkan kolagen di kulit, zat tersebut juga bekerja sebagai antioksidan.

4. Selalu lembabkan

Halaman
12
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved