Detoks Tubuh Selama 7 Hari, Ini Aturan Makannya agar Sukses

DETOKSIFIKASI tubuh diperlukan apalagi bila pola makan kita selama ini berantakan dan banyak mengonsumsi junk food.

Detoks Tubuh Selama 7 Hari, Ini Aturan Makannya agar Sukses
INTISARI ONLINE
Ilustrasi detoksifikasi tubuh

TRIBUNKALTIM.CO - DETOKSIFIKASI tubuh diperlukan apalagi bila pola makan kita selama ini berantakan dan banyak mengonsumsi junk food.  Coba ingat-ingat lagi, seperti apa pola makanmu selama ini? Apakah sudah membiasakan makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, atau justru kebanyakan makan junk food yang tak sehat?

Kamu mungkin tidak sadar bahwa selama ini sudah banyak racun yang masuk ke dalam tubuh karena makanan. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba melakukan diet detoks 7 hari untuk membantu tubuh terbebas dari racun.

Apa itu diet detoks? Jika selama ini kamu menganggap bahwa diet adalah cara yang dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan, kamu salah besar. Pasalnya, arti diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya untuk mengendalikan berat badan, mempercepat penyembuhan penyakit tertentu, dan sebagainya. Nah, sama halnya dengan jenis diet lainnya, diet detoks adalah mengatur pola makan yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari racun.

Diet detoks 7 hari berarti mengatur pola makan untuk detoksifikasi tubuh selama 7 hari. Tubuh sebetulnya secara alami melakukan detoksifikasi setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membuang racun yang menumpuk di dalam organ-organ tubuh, mulai dari hati, ginjal, usus, paru, hingga kulit. Namun terkadang, saking banyaknya racun yang masuk, tubuh jadi kewalahan untuk membilas racun-racun tersebut. Akibatnya, tubuh jadi mudah lelah dan rentan terserang penyakit.

Linda Page, ND, PhD, seorang dokter naturopati sekaligus penulis Detoxification, mengungkap kepada Very Well Fit bahwa diet detoks dapat membantu meremajakan dan mengisi ulang kekuatan tubuh. Bahkan, ia juga menyebutkan bahwa diet detoks juga bisa menjadi cara untuk memulai kehidupan yang lebih aktif dan sehat.

Tips sukses melakukan diet detoks 7 hari

Sebelum mulai melakukan diet detoks 7 hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter maupun ahli gizi terlebih dahulu. Perlu dicatat bahwa diet detoks 7 hari bukanlah diet yang ideal sehingga tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Dokter maupun ahli gizi akan melihat kondisi kesehatan kita terlebih dahulu, baru akan menentukan apakah kita boleh melakukan diet detoks 7 hari atau tidak. Jadi, apa pun diet yang kamu lakukan, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Setelah mengantongi izin dari dokter dan ahli gizi, kamu bisa melakukan diet detoks 7 hari dengan aturan sebagai berikut.

1. Pilih makanan yang tepat

Saat melakukan diet detoks 7 hari, coba perbanyak minum jus sayur atau buah. Kamu bisa memilih jenis sayur maupun buah apa pun yang disukai, misalnya wortel, apel, bayam, atau sayuran hijau lainnya. Menurut Linda Page, jus sayur atau buah mengandung antioksidan yang dapat mendorong zat-zat racun keluar dari tubuh.

Halaman
123
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved