Kamu Jomblo dan Lelah Patah Hati? Ini Tips Lindungi Hubungan Asmaramu

SERING di-bully karena belum punya pasangan alias jomblo? Atau kamu sudah lelah mencoba karena sering patah hati?

Kamu Jomblo dan Lelah Patah Hati? Ini Tips Lindungi Hubungan Asmaramu
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - SERING di-bully karena belum punya pasangan alias jomblo? Atau kamu sudah lelah mencoba karena sering patah hati?

Tidak ada orang yang mau merasakan patah hati. Selain bisa membuat Anda sedih bukan main, patah hati juga dapat berakibat buruk pada kesehatan fisik dan mental jika terlalu berlarut-larut. Untuk itu, seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Dalam menjalin hubungan, ada berbagai strategi yang bisa Anda lakukan agar tidak patah hati.

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda patah hati. Mulai dari pasangan yang ketahuan selingkuh hingga putus saat sedang sayang-sayangnya. Untuk itu, agar tidak patah hati, Anda bisa menerapkan berbagai cara berikut ini.

1. Hati-hati memilih pasangan

Salah satu cara untuk mencegah patah hati yang mendalam saat menjalin asmara ialah dengan mencari pasangan secara hati-hati, jangan asal dapat pacar saja. Mengapa begitu? Dengan mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria, maka Anda tak perlu lagi berharap pasangan akan berubah sesuai yang Anda inginkan. Pasalnya, mengubah watak dan prinsip seseorang itu sangat sulit.

Oleh karena itu, daripada Anda berusaha mengubahnya, lebih baik mencari pasangan yang memang sesuai keinginan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menjalani hubungan sesuai yang diharapkan. Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk patah hati pun menjadi berkurang.

Misalnya begini, Anda sebenarnya ingin punya pasangan yang siap berkomitmen sampai menikah. Fokuslah mencari pasangan yang tujuannya memang sama dengan Anda. Jangan buang-buang waktu dengan orang yang belum siap berkomitmen sambil berharap lama-lama ia akan berubah mengikuti harapan Anda. Inilah yang biasanya bikin sakit hati.

2. Jujur dan saling terbuka satu sama lain

Kejujuran dan keterbukaan adalah kunci penting dalam sebuah hubungan yang sehat. Agar tidak patah hati, cobalah untuk terbuka dan jujur mengenai keinginan masing-masing dari hubungan yang dijalani. Coba Anda bicarakan apa saja yang Anda harapkan dari hubungan ini dan apakah pasangan juga memiliki tujuan yang sama. Jangan hanya menebak-nebak apa isi pikiran pasangan.

Jika sejak awal pandangan dan visi sudah berbeda, maka Anda dan pasangan bisa tahu langkah apa yang seharusnya diambil. Hal ini juga membantu meminimalisir kemungkinan Anda untuk mengalami patah hati di kemudian hari karena harapan yang tak sesuai dengan kenyataan.

Halaman
12
Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved