Tidak Mau Alami Penuaan Dini? Ini Faktor Penyebabnya yang Harus Dihindari

KULIT tampak lebih tua dari usia kita, tentu tak nyaman dilihat. Apalagi bila penuaan dini tersebut terjadi pada wajah kita.

Tidak Mau Alami Penuaan Dini? Ini Faktor Penyebabnya yang Harus Dihindari
SHUTTERSTOCK
Perawatan kulit untuk mendapatkan kecantikan wajah 

TRIBUNKALTIM.CO - KULIT tampak lebih tua dari usia kita, tentu tak nyaman dilihat. Apalagi bila penuaan dini tersebut terjadi pada wajah kita. Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Maka penting bagi kita untuk melindungi kulit secara maksimal agar kondisinya tetap sehat sehingga penuaan kulit sebelum waktunya tidak terjadi.

Pertanyaannya, apakah tanda-tanda penuaan hanya muncul ketika kita benar-benar menua? Jawabannya adalah tidak. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah, garis halus, bintik hitam, dan lainnya juga bisa muncul di usia muda karena sejumlah faktor.

1. Paparan sinar matahari berlebih

Paparan sinar matahari berlebih bisa memicu munculnya kerutan dan garis halus pada wajah jauh sebelum kita menua. Namun, hal ini bisa dihindari dengan mengaplikasikan tabir surya pada kulit ketika kita pergi keluar rumah. Idealnya gunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal di atas 25.

2. Posisi tidur

Faktor ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun postur tubuh ternyata punya peran besar dalam memengaruhi penuan. Tidur dengan posisi menyamping mungkin terasa nyaman, namun posisi ini juga berpotensi merusak kulit. Sebab, seluruh berat akan tertumpu pada pipi kita dan kondisi ini bisa menyebabkan kerutan atau garis halus pada kulit. Garis yang salah bisa terjadi karena ada tekanan ketika tidur. Oleh karena itu, usahakan mengganti posisi tidur lebih sering agar tekanan tidak hanya terjadi pada satu sisi wajah saja.

3. Merokok dan konsumsi alkohol berlebih

Sejumlah studi membuktikan bahwa merokok berkaitan dengan penuaan dini. Beberapa studi juga menunjukkan adanya keterkaitan yang jelas antara merokok dan kerut wajah. Sementara kebiasaan minum alkohol bisa menjadi menyebab utama munculnya kerutan dan garis halus secara dini. Konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan penyusutan pembuluh darah dan menurunkan aliran darah ke kulit. Hal ini akan menyebabkan kerutan pada kulit jauh sebelum kita benar-benar menua.

4. Tidur menggunakan makeup

Tak sedikit orang yang tidur tanpa menghapus makeup di wajahnya karena kelelahan dan ingin segera tidur setelah hari sibuk yang panjang. Namun, tidur dengan masih menggunakan makeup akan memicu munculnya kerutan dan garis halus serta jerawat pada kulit. Setidaknya, bersihkan wajahmu dengan tisu basah sebelum pergi tidur setiap harinya.

Halaman
12
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved