FKUB Balikpapan Ingatkan Bahaya Hoax Jelang Pemilu 2019, Ini Jadwal Sosialisasinya di Tiap Kecamatan

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan mengadakan kegiatan sosialisasi kerukunan umat beragama menjelang Pemilu 2019.

FKUB Balikpapan Ingatkan Bahaya Hoax Jelang Pemilu 2019, Ini Jadwal Sosialisasinya di Tiap Kecamatan
HO FKUB BALIKPAPAN
SOSIALISASI - Lurah Gunung Sari Ulu, Ketua FKUB, Unsur Polres, Camat Balikpapan Tengah dan Kemenag Balikpapan saat menggelar sosialisasi di aula kantor Kelurahan Gunung Sari Ulu, Rabu (20/2/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  Bahaya berita palsu alias hoax semakin menyeruak menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Biasanya para pelaku pembuat hoax menyisipkan SARA untuk menimbulkan terjadinya perpecahan yang berdampak buruk bagi masyarakat menjelang pemilu 2019.

Melihat hal tersebut, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan mengadakan kegiatan sosialisasi kerukunan umat beragama menjelang Pemilu 2019 di tiap Kecamatan.

Ketua FKUB Balikpapan Abdul Muis Abdullah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfilter maraknya berita hoax yang beredar di masyakarakat.

BACA JUGA:

Pangdam VI/Mlw Mayjen Subiyanto Janji Tindak Tegas Personel TNI yang Sebarkan Berita Hoax di Medsos

Polisi Tangkap Kreator Hoax Tenaga Kerja Asing Demo di Morowali, Begini Modusnya

WhatsApp Bakal Blokir Permanen Nomor Akun Para Penyebar Hoax di Indonesia

Bahkan dalam kegiatan sosialisasi dari tanggal 13 Februari sampai 14 Maret FKUB Balikpapan mengadakan sosialisasi di tiap-tiap kecamatan Kota Balikpapan. "Tujuan kegiatan tersebut menghindari perpecahan dengan cara mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terpancing berita provokasi," kata Abdul.

Tidak hanya perwakilan FKUB saja yang menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Beberapa perangkat kota juga turut memberikan sosialisasi di tiap kecamatan. Beberapa tokoh agama pun juga turut menyosialisasikan kegiatan tersebut.

"Tidak ada agama apapun yang memberikan ajaran kebencian. Islam itu baik, Kristen juga mengajarkan kebaikan. Hindu dan Budha pun juga mengajarkan tentang berbuat baik terhadap sesama. Tidak ada namanya ajaran agama yang mengajarkan tentang kebencian," kata Abdul.

Ilustrasi kabar hoax
Ilustrasi kabar hoax (Intisari)
Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved