Pangdam VI/Mulwarman Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Hadapi Pemilu

Pangdam VI/Mulwarman Mayjen TNI Subiyanto Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Hadapi Pemilu

Pangdam VI/Mulwarman Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Hadapi Pemilu
HO / PENDAM MULAWARMAN
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto memberi sambutan pada Rapim Kodam VI/Mlw TA 2019. 

Pangdam VI/Mulwarman Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Hadapi Pemilu

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kodam VI/Mulawarman menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) sebagai sarana bagi Pimpinan Kodam VI/Mlw untuk menyampaikan arah kebijakan pembinaan kekuatan, kemampuan dan penataan gelar Kodam VI/Mlw.

Rapim ini juga bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi para unsur pimpinan di jajaran Kodam VI/Mlw sehingga diperoleh kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam melaksanakan tugas pada kurun waktu satu tahun anggaran mendatang.

Rapim Kodam VI/Mlw TA 2019 merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI dan TNI AD TA 2019 yang dihadiri oleh para unsur Pimpinan TNI dan TNI AD sebagai sarana evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA 2018 guna meningkatkan kualitas pelaksanaan Program Kerja TA 2019.

Mayjen TNI Subiyanto berharap dapat memperkokoh karakter keprajuritan sesuai jati dirinya. Sebagai prajurit profesional yang manunggal dengan rakyat, pihaknya dituntut dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis untuk menjaga stabilitas wilayah Kodam VI Mulawarman. Terlebih jelang perhelatan besar Pilpres dan Pileg 2019.

Lanud Dhomber Balikpapan Siap Jaga Keamanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Polisi Bantah Minta Dokumen Surat Cabai pada Sopir Truk Bermuatan Lombok saat Ditilang Polisi

"Terima kasih atas kinerja para prajurit dan PNS Kodam VI Mulawarman selama tahun anggaran 2018. Juga orehan prestasi yang diraih sehingga dapat memberikan kontribusi atas kepercayaan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI AD di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara," ungkapnya.

Subiyanto mengungkapkan, dalam rapim tersebut ia meminta seluruh jajaran pimpinan dilingkungan Kodam VI/Mlw dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih tahun 2019 lalu. Selain itu, pada rapim ini dirinya juga mengevaluasi jumlah pelanggaran yang terjadi di tahun 2018 lalu yang dianggap meningkat dan tinggi dari 72 kasus menjadi 80 kasus pelanggaran. "Ini perlu kita evaluasi agar tahun 2019 ini tidak lagi terjadi pelanggaran," ujarnya.

Lanjutnya, ia meminta bidang pengawasan dan pemeriksaan turun langsung memperbaiki masalah administrasi yang ditemukan pada semester II TA 2018 lalu yakni sebanyak 246 di bidang kerja dan 116 di bidang perbendaharaan. "Saya harap pemeriksa bisa turun langsung ke lapangan untuk mengevaluasi permasalahan itu," harapnya.

Dirinya juga meminta para pimpinan Kodim di wilayah Kodam VI/Mlw dapat membantu warga dalam menyelesaikan masalah setifikat tanah dengan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di masing-masing daerah. “Tujuannya agar program sertifikat tanah dapat berjalan sesuai prosesnya," ucap dia.

Selain itu, ia juga menginginkan para pimpinan kodim dapat memaksimalkan babinsa dalam kegiatan pendampingan pada masyarakat guna meningkatkan swasembada pangan di Kaltim. Serta melakukan koordinasi dengan pemda setempat terkait penanganan kebencanaan dan infrastruktur guna menunjang program TNI-Masyarakat. "Tingkatkan koordinasi dengan pemda, instansi terkait dan masyarakat guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kaltim," pungkasnya.

Pangdam juga menekankan kepada jajarannya, agar mengadakan legiatan deteksi dini menjelang Pileg dan Pilpres 2019. Pedomani tugas pokok fungsi masing-masing dalam melaksanakan tugas. Menjaga komitmen Netralitas TNI dengan tidak berpihak atau dukungan dalam bentuk apapapun kepada para Kandidat peserta Pemilu.

Rapim Kodam VI/Mulawarman dilaksanakan di aula kodam sekitar pukul 07.30 WITA dan dihadiri pejabat eselon pimpinan dan pembantu pimpinan sebanyak 28 orang, pejabat dan Kabalakdam VI/Mlw sebanyak 21 orang, pejabat JAJ Korem 091/ASN sebanyak 21 orang, pejabat JAJ Korem 101/Ant sebanyak 21 orang, pejabat Rindam VI/Mlw sebanyak 6 orang, pejabat Brigif 24/BC sebanyak 3 orang, pejabat Dansat BS JAJ KodamVI/Mlw sebanyak 9 orang, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia sebanyak 2 orang. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved