Poltekba Latih Guru SMKN 6 Balikpapan Metode Pengajaran Berbasis Teknologi

Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kali ini berlangsung di SMKN 6 Balikpapan

Poltekba Latih Guru SMKN 6 Balikpapan Metode Pengajaran Berbasis Teknologi
HO/Humas Poltekba
Penyerahan Modul Pelatihan dari Ketua PKM LMS Poltekba Mohamad Amin Kepada kepala sekolah SMKN 6 Balikpapan Asmid Noor 

TRIBUNKALTIM.CO - Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kali ini berlangsung di SMKN 6 Balikpapan.

Berbeda dari sebelumnya, pelaksanaan PKM kali ini diisi dengan pelatihan Learning Management System (LMS) kepada guru-guru di SMKN 6 Balikpapan, yakni sebuah metode pembelajaran berbasis teknologi

Ketua pelaksana PKM LMS Poltekba, Mohamad Amin, menjelaskan penyerahan modul dan pelatihan ini punya tujuan utama untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar di SMKN 6 Balikpapan.

Berbasis Teknologi, Poltekba Kembangkan Sistem Pengelolaan Anggota Himpaudi Kaltim

Outputnya tentu saja memudahkan guru untuk memberikan pengajaran sehingga berdampak positif kepada para siswa.

"LMS Moodle berfungsi memudahkan admin dalam menentukan posisi dan kebutuhan setiap user. Pelatihan untuk guru diharapkan dapat memudahkan guru dalam pembagian grup siswa, memasukkan materi, forum, quiz, tugas, ujian, dan penilaian," katanya, Kamis (21/2/2019)

Sebelumnya lanjut Amin, SMKN 6 Balikpapan sebenaranya telah  memiliki e-learning akan tetapi belum menggunakan LMS modul.

Padahal seperti diketahui Kelebihan LMS Moodle adalah aplikasi ini dapat di download secara gratis dan mudah digunakan.

Poltekba Beri Pelatihan Khusus TOEFL untuk Siswa SMKN 4 Balikpapan, Ini Tujuannya

Selain itu sangat menunjang untuk sistem pembelajaran karena dapat memudahkan setiap guru untuk memasukkan materi pelajaran, memasukkan tugas-tugas, melaksanakan ujian secara online dan melakukan penilaian secara otomatis.  

"SMKN 6 Balikpapan memiliki program yang kedepannya ujian siswa dilakukan secara online, sehingga siswa dapat lebih terbiasa dengan belajar dan ujian secara online," katanya.

Pelatihan ini menggunakan LMS modul  yang berbasis pada open source.

Peduli Warga Sekitar, Poltekba Pasang 2 Unit Lampu PJU Tenaga Surya di Sepinggan

Modul yang dipakai  adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan pelatihan dan pendidikan berbasis internet.

Selain mengadakan pelatihan, PKM LMS Poltekba Balikpapan juga meyerahkan modul LMS kepada SMKN 6 Balikpapan yang diterima langsung kepala sekolah, Asmid Noor.

Dalam sesi pelatihan juga dilakukan tanya jawab dan pendampingan bagi yang mengalami kendala pada saat melakukan praktik. 

Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved