KPU Imbau Warga Balikpapan untuk segera Mengurus KTP-el Karena Tak Punya KTP-el Tak Bisa Mencoblos

KPU Imbau Warga Balikpapan untuk segera Mengurus KTP-el Karena Tak Punya KTP-el Tak Bisa Mencoblos

Penulis: Aris Joni |
Tribunkaltim.co/ Samir Paturusi
Salah seorang warga sedang melakukan perekaman KTP Elektronik 

KPU Imbau Warga Balikpapan untuk segera Mengurus KTP-el Karena Tak Punya KTP-el Tak Bisa Mencoblos

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mengimbau seluruh warga Balikpapan yang belum mengurus KTP-el agar segera mengurusnya berhubung masih ada waktu. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha.

"Silakan urus KTP-el dulu, mumpung masih ada waktu," ucapnya. Lanjut dia, berdasarkan PKPU Nomor 3 tahun 2019 pada Bab II Pasal 6 terkait pemilih, terdapat beberapa poin, diantaranya, pemilik KTP-el yang terdaftar dalam DPT di TPS yang bersangkutan yaitu formulir model A-3 KPU, kemudian pemilik KTP-el yang terdaftar dalam DPTb di TPS yang bersangkutan yaitu formulir A-4 KPU, dan pemilik KTP-el atau penduduk yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb, namun memenuhi syarat untuk dilayani penggunaan hak pilihnya pada hari dan tanggal pemungutan suara dan didaftarkan dalam DPK yaitu formulir A.DPK-KPU.

Trio Gitaris Wanita PEFITA Guitar Trio akan Hibur Masyarakat Balikpapan Pada Hari Kartini

Lanud Dhomber Balikpapan Siap Jaga Keamanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

"Kalau tidak memiliki KTP-el dianggap tidak memenuhi syarat. Karena syarat nyoblos harus berKTP-el," tegasnya pada Tribun Kaltim.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Balikpapan, Endang Susilowati juga menegaskan, apapun alasannya, bagi warga yang tidak memiliki KTP-el tidak diperbolehkan untuk mencoblos atau menggunakan hak pilihnya.

Namun katanya, bagi warga yang sudah memiliki KTP-el tapi tidak terdaftar dalam DPT hanya dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang sesuai dengan alamat di KTP-el yang bersangkutan. "Untuk warga Balikpapan yang tidak memiliki KTP-el tentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya," pungkasnya. (*)

Mendagri Buka Rakornas Sekda se-Indonesia di Balikpapan, Wagub Kaltim Jamin Keamanan Pemilu 2019

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved