KPU Kaltim Minta Bantuan Polda Percepat Bongkar Muatan Logistik di Pelabuhan

"Makanya kami sampaikan ke Polda agar mendesak pihak pengangkut untuk cepat dibongkar di pelabuhan, berdasarkan prioritas," ucapnya.

KPU Kaltim Minta Bantuan Polda Percepat Bongkar Muatan Logistik di Pelabuhan
Tribunkaltim.co / Cornel Dimas
Sekretaris KPU Kaltim, Syarifuddin Rusli menyampaikan kesiapan logistik Pemilu di aula KPU Kaltim Jl Basuki Rahmat Samarinda Kalimantan Timur, Jumat (22/2/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - KPU Kaltim meminta bantuan Polda Kaltim agar membantu proses percepatan bongkar muat logistik Pemilu di Pelabuhan Kariangau, Kota Balikpapan.

Sekretaris KPU Kaltim Syarifuddin Rusli mengatakan saat ini logistik Pemilu seperti kotak suara, bilik suara, stampel dan tinta, sudah sampai di perairan Balikpapan sejak Selasa (19/2/2019) lalu.

Namun kapal pengangkut logistij belum bisa bersandar di Pelabuhan Kariangau lantaran harus mengantre bongkar muatan logistik.

"Kalau kita menunggu antrean, ya kemungkinan tanggal 27 Februari baru merapat dan dibongkar di Pelabuhan. Makanya kami sampaikan ke Polda agar mendesak pihak pengangkut untuk cepat dibongkar di pelabuhan, berdasarkan prioritas. Kalau desakan Polda berdasarkan prioritas, tentu bisa cepat itu," ungkap Syarifuddin Rusli di KPU Kaltim Jl Basuki Rahmat Samarinda Kalimantan Timur, Jumat (22/2/2019).

Sedang Berlangsung, Ini Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Semifinal Piala AFF

SEDANG BERLANGSUNG - Link Live Streaming Laga Hidup Mati Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja

Ular Piton 4 Meter Terkam Ternak Warga di Bontang, Lengan Petugas Sempat Dililit

Logistik harus segera dibongkar lantaran proses pendistribusian memakan waktu cukup lama. Nantinya setelah dibongkar dan didistribusikan ke Kabupaten / Kota, logistik bakal disortir terlebih dahulu untuk mengecek kecacatan logistik. Apalagi daerah yang dituju jauh dari pelabuhan.

Syarifuddin Rusli mengatakan logistik Pemilu pemilu yang sudah berada sampai di perairan Balikpapan antara lain untuk Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Berau.

"Karena daerah ini yang lumayan jauh jaraknya. Maka oleh pihak percetakan memprioritaskan Kab/Kota yang terjauh. Diperkirakan minggu pertama Maret akan tiba di masing-masing Kabupaten / Kota," ujarnya.

Polres Bontang Beri Santunan ke Pemulung yang Tinggal di Gubuk Sisa-sisa Kayu Bekas

Ini Komentar Pelatih Borneo FC Soal Permainan Renan da Silva

Eks Lokalisasi Bayur Jadi Lokasi Tambang, Jatam Kaltim Beri Komentar Terkait Izin 

Sementara itu tenaga ahli Bawaslu Kaltim, Jabaruddin mengungkapkan KPU Kaltim telah berkoordinasi demgan Bawaslu terkait kendala logistik di pelabuhan. Menurutnya semakin lama kapal pengangkut logistik tertahan di perairan Balikpapan, akan semakin memperlama proses pendistribusian Logistik ke Kabupaten/Kota.

Bawaslu sangat berharap otoritas Pelabuhan Kariangau bisa memberikan prioritas kepada KPU Kaltim untuk mempercepat bongkar muat logistik.

"Karena butuh melipat dan mensortir kembali di masing-masing Kabupaten / Kota. Jika terjadi kerusakan akan dikembalikan dan harus diganti. Ini juga untuk memastikan kecukupan surat suara," kata Jabaruddin.

Ia juga mengungkapkan Bawaslu selama ini ikut terlibat mengawasi pendistribusian logistik, sejak dicetak oleh salah satu Percetakan di Jl Palmerah Jakarta Selatan.
Bahkan ia memastikan Bawaslu akan menurunkan tim untuk ikut melakukan pembongkaran logistik di Pelabuhan Kariangau. (*) 

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved