Dinas ESDM Kaltim Janji Bakal Segera Investigasi Tambang Di Eks Lokalisasi Bayur

"Saya belum dapat laporan resminya, kita masih cek," ucap Kepala Dinas ESDM Kaltim, Wahyu Widhi Heranata.

Dinas ESDM Kaltim Janji Bakal Segera Investigasi Tambang Di Eks Lokalisasi Bayur
tribunkaltim.co/ Nevrianto
TAMBANG BATU BARA-Lahan terkelupas aktifitas galian tambang batu bara tepat di atas kawasan Eks Lokalisasi Bayur Sempaja Utara Samarinda Utara Kalimantan Timur, Sabtu( 23/2/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dinas ESDM Kaltim akan segera melakukan investigasi terhadap aktivitas tambang batu bara di belakang eks lokalisasi Bayur, jalan Padat Karya, RT 15, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara.

Kendati demikian, Dinas ESDM belum dapat memberikan keterangan banyak terkait dengan aktivitas tambang batu bara tersebut. 

"Saya belum dapat laporan resminya, kita masih cek," ucap Kepala Dinas ESDM Kaltim, Wahyu Widhi Heranata.

Mia and The White Lion Tayang Hari Ini, Cek Jadwal Tayang di Bioskop Balikpapan dan Samarinda

Video - Detik-detik Penjaga Gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga Menolak Diganti di Carabao Cup

Prakiraan Cuaca Kota Samarinda Selasa (25/2/2019), Terjadi Hujan Lokal di Beberapa Kecamatan

Lanjut dia menjelaskan, jika hasil investigasi nantinya mengarah kepada aktivitas pertambangan ilegal, pihaknya pun akan menyerahkan sepenuhnya kepada Kepolisian untuk melakukan proses hukum lebih lanjut.

"Kalau itu ilegal ya kita serahkan ke kepolisian, kalau ada PT atau IUP nya kita akan panggil, karena dekat dengan permukiman, itu tidak dibenarkan," ujarnya.

"Senin baru bisa kita lakukan investigasi. Tapi kalau ada informasi seperti ini, pasti kita tindak lanjuti segera," sambungnya.

Jokowi Pamerkan 3 Kartu Sebagai Program Baru, Sebut Ada Hal yang Tidak Cukup 

Pidato di Depan Relawan, Jokowi: Kalau Ada yang Ingin Kembalikan Konsesi ke Negara, Saya Tunggu

Sementara itu, dari pantauan Tribunkaltim.co di lokasi tambang, terdapat sekitar satu lubang yang masih terlihat batu bara di dalam kandungan tanahnya.

Lubang itulah yang posisinya sangat dekat dengan rumah warga yang berada di eks lokalisasi tambang, jaraknya hanya kurang lebih 2 meter.

Lahan terkelupas aktivitas galian tambang batu bara tepat di atas kawasan Eks Lokalisasi Bayur Sempaja Utara Samarinda Utara, Kota Samaridna Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu( 23/2/2019).
Lahan terkelupas aktivitas galian tambang batu bara tepat di atas kawasan Eks Lokalisasi Bayur Sempaja Utara Samarinda Utara, Kota Samaridna Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu( 23/2/2019). (TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HP)
Eks lokalisasi Bayur, jalan Padat Karya, RT 15, Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara berubah jadi tambang batu bara diduga illegal, Jumat (22/2/2019).
Eks lokalisasi Bayur, jalan Padat Karya, RT 15, Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara berubah jadi tambang batu bara diduga illegal, Jumat (22/2/2019). (TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D)

Bahkan, terdapat satu bangunan rumah yang berada persis di bibir lubang tambang. Rumah tersebut pun saat ini sedang dibongkar.

Hasil Liga Italia - Gol Telat FIorentina Pupus Asa 3 Poin Inter Milan 

Hasil City vs Chelsea - The Citizens Kunci Gelar Piala Liga Inggris Usai 120 Menit Tanpa Gol

Selain lubang yang masih terdapat kandungan batu baranya, terdapat lubang lainnya yang telah terisi air, diduga lubang tersebut juga lubang tambang yang tidak ditutup kembali. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved