Tribun Wiki

Ingin Lanjut Kuliah? Ini 5 Perguruan Tinggi Negeri di Samarinda yang Bisa Jadi Pilihan

Berikut adalah lima Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota Samarinda, yang mungkin bisa menjadi pilihan Tribunners dalam menuntut ilmu.

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HADI PRASETYO
Ilustrasi. Dua mahasiswi sedang melenggang menuju fakultasnya melewatii kantor Rektorat Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Unmul kini berupaya menjadikan diri sejajar dengan universitas-universitas top kelas dunia. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Salah satu daya tarik Kota Samarinda adalah tersedianya Perguruan Tinggi dalam jumlah yang cukup banyak, dan menarik kaum pelajar dari seluruh daerah di Kalimantan Timur.

Perguruan Tinggi, baik swasta maupun negeri menyediakan bermacam fasilitas belajar mengajar, serta program studi pilihan yang sesuai dengan minat dan kemampuan calon mahasiswa.

Berikut adalah lima Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota Samarinda, yang mungkin bisa menjadi pilihan Tribunners dalam menuntut ilmu.

Survei Elektabilitas Terbaru Jokowi vs Prabowo - Prabowo Unggul di Trend of Awareness 

Prakiraan Cuaca BMKG di Balikpapan Senin (25/2/2019), Mendung dan Potensi Hujan Lokal di Kawasan Ini

Soal Isu Larang SPBU Buka Operasional 24 Jam, Pemkot Balikpapan Beri Jawaban Begini 

Berikut daftarnya : 

1. Universitas Mulawarman
Universitas Mulawarman atau yang sering disingkat Unmul, adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur.

Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 37.000 orang.

Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Terdapat 15 Fakultas di Universitas Mulawarman, di mana di dalamnya terdapat beberapa fokus program studi. Beberapa fakultas di antaranya adalah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, serta Fakultas Pendidikan.

Gedung Program Studi Jurusan Kedokteran Gigi di Jalan Krayan kampus Gunung Kelua Universitas Mulawarman, (17/5/2016).
Gedung Program Studi Jurusan Kedokteran Gigi di Jalan Krayan kampus Gunung Kelua Universitas Mulawarman, (17/5/2016). (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP)

Alamat
Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119
Telepon: (0541) 749343

2. Politeknik Negeri Samarinda
Politeknik Negeri Samarinda atau disingkat Polnes adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Samarinda, yang sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman.

Politeknik ini resmi berdiri tertanggal 3 Desember 1985. Polnes terkareditasi B oleh BAN-PT.

Polnes memiliki lokasi kampus di Jalan dr. Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Samarinda Seberang dengan luas lahan 10 hektare, yang dilengkapi dengan gedung Direktorat, Ruang kuliah, Ruang Serba Guna, gedung Labolatorium dan Bengkel, Gedung Perpustakaan, Gedung Pusat Komputer, Gedung Pusat Bahasa, Gedung Pusat Kegiatan Kemahasiswaan dan gedung penunjang lainnya.

Alamat
Kampus Gunung Lipan, Jl. DR. Ciptomangunkusumo, Sungai Keledang, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75131
Hot line: PABX (0541) 260588
FAX: (0541) 260355

Direktur Politeknik Negeri Samarinda Ir H Ibayasid M Sc, Sabtu (21/10/2017) di GOR Sungai Sembilang, memimpin prosesi wisuda lulusan Rintisan Politeknik Negeri Nunukan Binaan Politeknik Negeri Samarinda.
Direktur Politeknik Negeri Samarinda Ir H Ibayasid M Sc, Sabtu (21/10/2017) di GOR Sungai Sembilang, memimpin prosesi wisuda lulusan Rintisan Politeknik Negeri Nunukan Binaan Politeknik Negeri Samarinda. (TRIBUN KALTIM/NIKO RURU)

3. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Samarinda

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved