Pemilu 2019

Pastikan Tidak Salah Kirim Logistik Pemilu, Bawaslu dan Aparat Cek Segel sebelum Dikirim

Surat suara yang tiba dibawa menggunakan kapal dan diturunkan di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan.

Pastikan Tidak Salah Kirim Logistik Pemilu, Bawaslu dan Aparat Cek Segel sebelum Dikirim
Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Suasana Proses pembongkaran surat suara dari kontainer ke mobil pengiriman logistik ke Kukar, Kubar dan Mahulu di pelabuhan barang Kariangau, Balikpapan. Minggu (24/2/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Logistik surat suara Pemilu 2019 untuk Kaltim sudah mulai berdatangan sejak Sabtu (23/2) kemarin. Surat suara yang tiba dibawa menggunakan kapal dan diturunkan di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan.

Ketua Bawaslu Kaltim Saipul Bahtiar saat dikonfirmasi membenarkan adanya logistik surat suara yang telah tiba. Dikemukakan, logistik surat suara tersebut telah datang sejak Sabtu (23/2) kemarin sebanyak 6 kontainer dan hingga Minggu (24/2) sudah dibongkar dan didistribusikan ke beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

"Kemarin malam kita sudah lakukan pembongkaran dan pengiriman surat suara ke sebagian Kutim dan Berau. Hari ini (Minggu, red) kita lanjut melakukan pengiriman ke Mahulu, Kukar dan Kubar," jelasnya.

11 Kontainer Logistik Pemilu Tiba di Balikpapan, Pengiriman ke Daerah Dikawal Ketat Aparat

Dikemukakan, proses pengiriman logistik pemilu ke kabupaten/kota tersebut dikawal ketat oleh petugas KPU, Bawaslu dan aparat keamanan.

"Setelah sampai di Pelabuhan Kariangau Balikpapan, surat suara di kontainer kita bongkar dan kita masukkan ke mobil sesuai daerahnya masing-masing. Setelah itu kita langsung kirim ke daerah tersebut," terangnya, Minggu (24/2).

Saipul menambahkan, sebelum dilakukan pengiriman, Bawaslu bersama KPU dan aparat keamanan melakukan pengecekkan logistik surat suara tersebut guna mengecek segel, kondisi surat suara, jumlah dan jenis surat suara agar tidak tertukar dan salah kirim.

Ceramah di Depan Ribuan Umat Islam Bontang, Ustaz Somad Ajak Jamaah Tolak Politik Uang

"Kita juga sebelum mengirim melakukan pengecekkan terlebih dahulu. Jangan sampai surat suara yang dikirim tertukar, karena surat suara ini adalah logistik yang paling penting di pemilu," pungkasnya.

Terpisah, Anggota Bawaslu Kaltim, Ebin Marwi yang ikut mengawasi langsung proses pengiriman surat suara mengatakan, surat suara enam kontainer yang telah datang, saat ini sedang dalam pengiriman ke lima daerah tersebut.

"Khusus untuk ke Berau, nanti surat suara dari Balikpapan sampai di Kutim langsung disambut Polres Berau untuk dikawal dari Kutim menuju Berau," tambahnya. (m05)

Penulis: Aris Joni
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved