Peserta Pawai Budaya HUT Kota Balikpapan Berjalan Kaki Sejauh 2 Kilometer

Peserta Pawai Budaya HUT Kota Balikpapan Berjalan Kaki Sejauh 2 Kilometer

Penulis: Fachmi Rachman |
TRIBUN KALTIM / FACHMI RACHMAN
Salah seorang penari saat tampil di Pawai Budaya HUT ke-122 Kota Balikpapan. 

Peserta Pawai Budaya HUT Kota Balikpapan Berjalan Kaki Sejauh 2 Kilometer

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meskipun hujan sempat turun pada awal pelaksanaan Pawai Budaya dalam rangka HUT ke-122 Kota Balikpapan, tapi tak menyurutkan semangat peserta dan warga Balikpapan untuk melihat pawai yang diikuti oleh 54 peserta ini, Minggu (24/2/2019).

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Pawai Budaya HUT Kota kali ini tidak menggunakan kendaraan. Semua peserta berjalan kaki dari start hingga finis yang menempuh rute dari Lapangan Merdeka hingga panggung kehormatan di depan Kantor Pemkot Balikpapan. Dan Pawai Budaya ini menggambarkan keragaman Indonesia.

Tidak hanya diramaikan oleh ratusan peserta dari instansi, paguyuban, organisasi masyarakat, dan organisasi lainnya, tetapi ribuan warga juga memadati kawasan sepanjang dua kilometer tersebut. Hal ini membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan panjang di jalan protokol Kota Balikpapan.

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

Tahun Ini Kaltim Mendapat Jatah 18 Kuota Petugas Haji, 7 Petugas Kloter dan 11 Petugas Non Kloter

Tak hanya warga Balikpapan, suguhan beragam tarian, kesenian, dan ikon-ikon budaya yang ditampilkan, juga dinikmati Forkopimda yang dipimpin oleh Wali Kota dan Wakil Walikota Balikpapan.

Dengan memangku cucunya yang asik melihat rombongan demi rombongan kebudayaan berlalu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi tampak cukup puas dengan acara yang berlangsung sejak pukul 14.00 hingga pukul 17.30 ini.

Saat ditanya tentang hasil dari Pawai Budaya dalam rangka HUT Kota Balikpapan ini, Rizal berharap event pawai budaya seperti ini bisa dikemas lebih baik lagi agar bisa menjadi sebuah event wisata tahunan agar bisa menjadi ikon wisata Kota Balikpapan.

“Event ini baik karena kita bisa menampilkan khasanah budaya nusantara dan semoga di kemudian hari bisa kita kemas lebih baik lagi agar bisa menjadi festival budaya yang lebih bagus lagi untuk nilai pariwisata. Karena kita ingin Balikpapan bisa menjual industri pariwisata,” kata Rizal Effendi usai menyaksikan pawai.

Komisioner KPU RI Kesulitan Menentukan Lima Besar Komisioner KPU Kaltim Periode 2019-2024

Plt Sekprov Kaltim Meiliana Ingin Pemprov dapat Untung dari Pengelolaan Bandara APT Pranoto

Menurut Wali Kota Balikpapan dua periode tersebut, sektor wisata saat ini harus didorong keberadaanya, karena sektor pariwista adalah sektor yang sekarang berkembang di berbagai tempat. “Nanti akan kita kembangkan terus” kata Rizal
Suasana keakraban dan kebersatuan antar paguyuban yang menjadi peserta pawai menjadi hal yang patut diacungi jempol. Meskipun harus berjalan kaki sejauh dua kilometer dan menunggu urutan untuk tampil, tapi para peserta dengan penuh senyum bahagia tampil menghibur warga Balikpapan.

Menanggapi hal ini, Rizal merasa bangga. Karena ini menjadi semangat untuk warga Kota Balikpapan untuk selalu bersatu menjaga dan membangun Kota Balikpapan. “Semangat mereka menjaga Balikpapan sesuai dengan mottonya, ku bangun, ku jaga, ku bela, dan luar biasa. Inilah cermin Indonesia mini atau mininya Indonesia karena keragaman di sini menjadi bagian yang menguatkan Balikpapan,” pungkasnya. (*)

KPU Imbau Warga Balikpapan untuk segera Mengurus KTP-el Karena Tak Punya KTP-el Tak Bisa Mencoblos

Trio Gitaris Wanita PEFITA Guitar Trio akan Hibur Masyarakat Balikpapan Pada Hari Kartini

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved