Antrean Solar Masih Terlihat di Balikpapan, Pemkot Akui Tak Melarang SPBU Beroperasi 24 Jam

Antrean Solar Masih Terlihat di Balikpapan, Pemkot Akui Tak Melarang SPBU Beroperasi 24 Jam

Antrean Solar Masih Terlihat di Balikpapan, Pemkot Akui Tak Melarang SPBU Beroperasi 24 Jam
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Suasana antrean BBM di salah satu SPBU di Kota Balikpapan. 

Antrean Solar Masih Terlihat di Balikpapan, Pemkot Akui Tak Melarang SPBU Beroperasi 24 Jam

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meski sering dikeluhkan oleh masyarakat, namun antrean BBM khususnya solar masih terus terjadi di Balikpapan. Pantauan Tribun Kaltim, Senin (25/2/2019), antrean solar masih terjadi di SPBU Gunung Guntur. Bahkan, masyarakat harus mengantre hingga 3 jam lamanya.

Salah seorang sopir truk yang ditemui Tribun Kaltim yang sedang mengantre di SPBU Gunung Guntur, Misbah mengungkapkan, ia telah mengantre untuk mengisi solar di SPBU tersebut selama 3 jam. "Sudah tiga jam antre disini. Gak tau juga kenapa bisa panjang, tapi jalan aja kok antreannya walau lambat. Solarnya ada aja, mungkin petugasnya yang kurang," ujarnya.

Dirinya berharap, pelayanan di SPBU yang ada Balikpapan dapat dibenahi, baik dari jumlah kuota maupun petugas yang melayani konsumen. "Saya sering isi BBM di Balikpapan, dan hampir rata-rata selalu antre. Saya berharap kedepan yang punya wewenang dapat mengelola SPBU menjadi lebih baik lagi. Kalau perlu ditambah lagi SPBU-nya, jadi pengisi BBM tidak tertumpuk di SPBU itu saja," harapnya.

KPU Imbau Warga Balikpapan untuk segera Mengurus KTP-el Karena Tak Punya KTP-el Tak Bisa Mencoblos

Trio Gitaris Wanita PEFITA Guitar Trio akan Hibur Masyarakat Balikpapan Pada Hari Kartini

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Pemerintah Kota Balikpapan melarang SPBU beroperasi 24 jam. Kondisi ini disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya antrean BBM khususnya solar. Namun hal ini dibantah oleh pemerintah kota Balikpapan. Melalui Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Kepala Dishub Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menegaskan, tidak pernah melarang SPBU buka 24 jam.

"Saya tegaskan Dishub tidak pernah melarang SPBU buka tutup 24 jam. Mungkin itu kebijakan dari Pertamina," ujarnya. Ia menekankan, hingga saat ini belum ada laporan dari pihak Pertamina bahwa kembali terjadi antrean panjang di SPBU Balikpapan. "Kalaupun ada laporan terkait antrean panjang. Otomatis kami akan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Balikpapan," tegasnya.

Diakuinya, Dishub Kota Balikpapan hanya mengatur terkait pengisian tangki, dimana proses pengisian tangki BBM dilakukan sebelum SPBU tersebut ramai. "Kalau masalah buka tutup, kami nggak ada mengatur itu. Kalaupun ada, saya minta tolong Pertamina informasikan ke saya langsung," pungkasnya.

Lanud Dhomber Balikpapan Siap Jaga Keamanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Diberitakan sebelumnya, Retail Fuel Marketing Manager Pertamina MOR VI Kalimantan, Muhammad Resa menjelaskan, tidak ada penguruangan stok BBM di kota Balikpapan, bahkan dibanding tahun lalu, saat ini kuota BBM sudah bertambah, baik Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) maupun Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT).

Dijelaskannya, memang pada kondisi tertentu pada SPBU yang kecil seperti di SPBU Stal Kuda dan SPBU depan Bandara SAMS Sepinggan, ketika ditutup satu tempat pengisian untuk proses mengisi stok BBM, langsung terjadi antrean panjang, sehingga diputuskan untuk ditutup semua sementara, sambil mengisi stok BBM dengan alasan keamanan dan penjagaan kualitas BBM karena harus menunggu tercampur dengan sempurna dahulu baru bisa disalurkan ke masyarakat.

“Karena proses pengisian stok BBM di SPBU memerlukan waktu dan proses juga, sehingga harus disterilkan sementara guna safety atau keamanan sembari menunggu BBM yang telah diisi tersebut tercampur dengan sempurna," jelasnya, Kamis (21/2/2019) lalu. (*)

Mendagri Buka Rakornas Sekda se-Indonesia di Balikpapan, Wagub Kaltim Jamin Keamanan Pemilu 2019

Ketua FFKPB Balikpapan Mengimbau Anggotanya Tidak Membawa Politik ke Dalam Paguyuban

Penulis: Aris Joni
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved