Anggota DPR Ini Ajak Generasi Milenial Kaltim Geluti Pertanian dan Peternakan

Anggota Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur dalam rangka Reses Masa Sidang

Anggota DPR Ini Ajak Generasi Milenial Kaltim Geluti Pertanian dan Peternakan
IST
ABADIKAN MOMEN - Anggota DPR RI, Budisatrio Djiwandono menyempatkan berfoto bersama dengan petani saat melakukan kunjugan ke lapangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Anggota Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur dalam rangka Reses Masa Sidang ke III tahun 2018-2019.

Dalam lawatannya Budi meninjau bantuan-bantuan yang disalurkan melalui mitra kerja Komisi IV. Selain itu, dirinya akan bertatap muka dan menyerap aspirasi-aspirasi masyarakat Kaltim, Sabtu (23/2/19)

Ia sengaja mengunjungi Kaltim untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat terkait sektor pertanian, perkebunan dan perikanan dalam upaya ketahanan pangan nasional dan peningkatan nilai tukar petani dan nelayan.

"Saya sekaligus meninjau progres pembangunan embung di desa Pepara Kecamatan Tanah Grogot. Embung ini akan mengairi 35 Hektar lahan pertanian disekitarnya. Pasokan air yang stabil dan cukup adalah faktor terpenting dalam keberhasilan pertanian," katanya melalui siaran pers yang diterima tribunkaltim.co.

Fotonya Kenakan Kaos Lambang PKI Beredar di Medsos, Ini Penjelasan Kaesang Pangarep dan Foto Aslinya

Lebih lanjut, Budi mengatakan dirinya juga menyalurkan bantuan pembangunan embung melalui mitra kerja Komisi IV di 4 desa lainnya yang tersebar di kabupaten Paser, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara.

"Saya berkunjung ke kecamatan Kuaro dan Long Ikis, melakukan tatap muka dengan kelompok-kelompok tani penerima bantuan bibit produktif yang telah disalurkan di Desa Keluang Paser Jaya, serta mengadakan diskusi dengan masyarakat nelayan di desa Pasir Mayang," kata politisi muda ini.

Menurutnya, ia akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Kaltim melalui mitra-mitra kerja Komisi IV, program-program kerja DPR RI serta Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainya.

"Aspirasi-aspirasi masyarakat Kalimantan Timur ikut saya sertakan dalam perumusan undang-undang, seperti yang sedang berjalan saat ini, diantaranya RUU Kewirausahaan Nasional, RUU Keanekaragaman Hayati, serta mendorong untuk percepatan Konservasi DAS sungai Mahakam," katanya.

Hadir di Fashion Show LA, Penampilan Baekhyun EXO Pukau Penggemar dan jadi Trending Topic Dunia

Di sela lawatannya, dirinya menyempatkan bertemu dengan Tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dimana tugas dan fungsi mereka sangat penting untuk peningkatan produktivitas Pertanian di Kaltim.

"Saya akan memperjuangkan Tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang masih honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)." ungkapnya.

Legislator muda ini mendorong generasi muda untuk ikut ambil bagian dalam upaya peningkatan sektor pertanian dan peternakan di Kaltim. "Kalimantan Timur memiliki luas daratan yang sangat besar, tanahnya subur, sehingga dapat dipastikan Kaltim sangat berpotensi untuk pengembangan sektor Pertanian dan Perkebunan," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra Mandiri desa Pepara, Hermansyah, selaku penerima bantuan Embung mengungkapkan, lahan tani di daerahnya masih membutuhkan cadangan air yang banyak.

Mahfud MD Sebut UU ITE Diundangkan di Era Pemerintahan SBY: Kalau Sudah Tak Perlu, Bisa Dicabut

Herman berharap adanya penampungan air terutama musim penghujan telah berakhir. Sehingga keberadaan embung tersebut sangat membantu para petani sawah.

"Pembangunan Embung ini mendapatkan respon positif dari masyarakat kelompok tani di kawasan Desa Pepara ini, sehingga berbagai masukan dari anggota Gapoktan untuk mengelola embung ini, baik dari segi pemanfaatan air secara profesional hingga pemanfaatan embung sebagai kawasan wisata air serta pengembangan komoditas unggulan lainnya," kata Hermansyah. (*)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved