Areal Kedatangan Bandara SAMS Balikpapan Dipenuhi UMKM, Cocok Buat Cari Oleh-oleh

Areal Kedatangan Bandara SAMS Balikpapan Dipenuhi UMKM, Cocok Buat Cari Oleh-oleh

tribun kaltim / MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama GM Angkasa Pura I Farid Indra menyambangi stand UMKM di lantai dasar areal kedatangan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rabu (27/2/2019). Usai membuka secara resmi event gebyar UMKM 2019 dalam memperingati HUT ke-55 Angkasa Pura I. 

Areal Kedatangan Bandara SAMS Balikpapan Dipenuhi UMKM, Cocok Buat Cari Oleh-oleh

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gebyar UMKM 2019 resmi digelar, Rabu (27/2/2019). Puluhan pelaku UMKM Balikpapan semarakkan peringatan HUT ke-55 Angkasa Pura I. Total ada 56 pelaku UMKM Balikpapan ambil bagian.

Pemotongan nasi tumpeng oleh GM Angkasa Pura I, Farid Indra disusul Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menandai dibukanya event UMKM tersebut. Gebyar UMKM 2019 ini berlangsung hingga 5 Maret 2019 mendatang.

“Kami mencoba mengakselarasi UMKM yang selama ini sangat tangguh. Kami melihat potensi pertumbuhan yang sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir ini,” katanya.

Kerajinan tangan yang jadi unggulan Kota Balikpapan sebagai khas oleh-oleh sangat diharapkan pihaknya ke depan. “Dorong yang khas kerajinan handicraft atau homemade. Jadi tidak sekedar mantau atau kepiting,” ucapnya.

Sidang Kasus Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Nakhoda MV Ever Judger Dituntut 10 Tahun Penjara

Antrean Solar Masih Terlihat di Balikpapan, Pemkot Akui Tak Melarang SPBU Beroperasi 24 Jam

Pihaknya berkomitmen menata bandara dengan memberikan tempat bagi UMKM. Tak lain agar UMKM di Balikpapan bisa tumbuh berkembang. Menggerlar kegiatan serupa setiap 3 bulan. Sambil melihat kondisi pasar. “Potensi market ini bisa ditangkap pengunjung, atau masyarakat sekitar atau luar Balikpapan, seperti Penajam, Samarinda, Tenggarong. Bisa jadi oleh-oleh mereka,” tuturnya.

Untuk diketahui, dari 56 pelaku UMKM, sebanyak 27 stand di antaranya merupakan UMKM binaan AP I Balikpapan. Mereka menjajakan hasil kreasi dan olahan masing-masing di areal kedatangan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Sementara, Wali Kota Rizal Effendi mengapresiasi kegiatan Gebyar UMKM 2019 yang digelar AP I bekerjasama dengan Pemkot dan Dekranasda Balikpapan.

Ketua FFKPB Balikpapan Mengimbau Anggotanya Tidak Membawa Politik ke Dalam Paguyuban

”Di industri kreatif paling banyak itu UMKM karena disitu ada 16 subsektor kreatif ada makanan, cenderamata, fashion sehingga tidak hanya di Balikpapan tapi seluruh Indonesia sedang memajukan UMKM karena daya tahan lebih kuat," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved