Kaltim Dianggap Rawan, Selepas Pemilu Menyusun Penanggulangan Bencana Alam dan Narkoba

Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menyatakan usai pemilu akan ada penyusunan penaggulangan bencana alam dan narkoba di Kaltim

Kaltim Dianggap Rawan, Selepas Pemilu Menyusun Penanggulangan Bencana Alam dan Narkoba
Tribunkaltim.co/Heriani Amir
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto jumpa pers di Makodam Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/2/2019) pagi dalam kegiatan Rapat Pimpinan Daerah TNI-Polri tahun 2019. 

Kaltim Dianggap Rawan, Selepas Pemilu Menyusun Penanggulangan Bencana Alam dan Narkoba

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Heriani Amir

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyusun langkah-langkah menanggulangi masalah bencana dan narkoba.

Hal ini dijelaskan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto pada acara Rapat Pimpinan Daerah (Rapidam) TNI-Polri Tahun 2019, Kamis, (28/2/2019) di aula Makodam Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Rencananya setelah pemilu pilpres ada langkah-langkah terkait masalah bencana dan narkoba. Karena hal tersebut memang merupakan kerawanan daerah kita," ungkapnya.

Proyeksi Kalimantan Timur atau Kaltim untuk menjadi daerah penyangga bencana karena menilik dari pengalaman bencana tsunami Palu.

"Jadi kami akan koordinasikan lebih erat lagi, belajar dari pengalaman sebelumnya. Jadi jika ada kejadian lagi semuanya jadi lebih siap," lanjutnya.

Kata Subiyanto, kemungkinan Balikpapan akan terdampak bencana tsunami palu sangat kecil, karna letaknya yang diapit oleh samarinda dan sulawesi.

"Tapi karna kemarin 8 skala richter, kemungkinan akan terdampak. Tapi kecil," pungkasnya lagi.

BNPB sendiri telah menghimbau kepada masyarakat Balikpapan yang tinggal di pesisir pantai.

"Kemarin ketika beliau datang, beliau melihat di pesawat ada banyak rumah yang dekat dengan bibir pantai, dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak tinggal terlalu dekat," tutupnya.

Ada helikopter TNI juga siap untuk mengangkut logistik yang tugasnya adalah menurunkan logistik di pos-pos perbatasan. ( )

Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved