Perbatasan

Kisah TNI AD Jalan Kaki 80 Km di Alam Terpencil Indonesia-Malaysia, Temukan Ratusan Patok Tahun 1977

Tim prajurit TNI AD jelajah perbatasan di Krayan atau Indonesia-Malaysia dg jarak 80 Km temukan patok yang sudah berusia 22 tahun. Ini kisah lengkapya

Penulis: tribunkaltim | Editor: Budi Susilo
Tribunkaltim.co/Domu D. Ambarita
Ilustrasi - Para prajurit yang bertugas di Pos perbatasan RI-Malaysia di Long Bulan, Desa Long Bulan, Kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Pasukan TNI Angkatan Darat  atau TNI AD, wilayah Kodam VI Mulawarman, Batalyon Infanteri Raider 613/Raja Alam, yang lebih populer disebut Yonif Raider 613/Raja Alam telah berhasil jelajah wilayah Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Area di Krayan itu dikategorikan sebagai tempat perawan yang sama sekali belum dijamah oleh prajurit, patroli mana pun.

Baru tim dari Yonif Raider 613/Raja Alam saja yang mampu menapaki daratan hutan Krayan yang terpencil jauh dari pusat pemerintahan daerah dan perkotaan.

Kondisi yang belantara tanpa ada saluran komunikasi telepon seluler membuat para prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam tak kendur, harus mundur dari hutan. Prajurit menjalani tugas ini secara gagah perkasa, tak gentar menembus ganasnya alam liar di Krayan, Kalimantan Utara.

500 MBR di Berau Dapat Sambungan Air Bersih Gratis

4 Alamat Gerai Samsat di Kota Balikpapan, Ada yang Berada di Dalam Mall

Bandara SAMS Balikpapan Beri Atensi Kedatangan Tokoh Politik Jelang Pemilu 2019, Ini Sebabnya

Hal ini diungkapkan oleh Kapendam VI/Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino kepada Tribunkaltim.co melalui press rilis yang dikirim melalui sambungan WhatsApp pada Jumat (1/3/2019) pagi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tim prajurit, Yonif Raider 613/Raja Alam bagian dari batalyon infanteri Raider di bawah Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti, Kodam VI/Mulawarman. Keberadaan Batalyon ini bermarkas di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Kata Kolonel Kav Dino Martino, belum lama ini, Tim patroli patok perbatasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam akhirnya berhasil menyelesaikan tugas yang cukup berat. 

Naik Bus, Kapolda Kaltim Kunjungi Lanud Balikpapan, Ini yang Mereka Bahas

Sinyal Telkomsel Tembus Pedalaman Long Apari, Pedagang Merasa Efektif Efisien

Ditambahkan, Kolonel Kav Dino Martino bahwa mereka para prajurit melaksanakan patroli patok perbatasan Republik Indonesia - Malaysia.

Saat tiba dan berada di lokasi hutan Krayan, menemukan sebanyak 371 patok di area blank post atau area yang bekategori belum pernah terpatroli.

Inilah di wilayah Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Pasukan Yonif Raider 613/Raja Alam telah berhasil berada di wilayah isolasi terpencil alam belantara Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.
Pasukan Yonif Raider 613/Raja Alam telah berhasil berada di wilayah isolasi terpencil alam belantara Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. (HO/Kodam VI Mulawarman)

"Kegiatan patroli patok perbatasan tersebut mulai dilaksanakan sejak awal bulan hingga akhir Februari lalu," ungkap Kolonel Kav Dino Martino

Kemudian Kolonel Kav Dino Martino jelaskan, aktivitasnya dimulai dari patok C700 hingga patok C482. 

Keberadaan tim ini dipimpin oleh Lettu Inf Solo Atmanegara, Danpos Long Midang yang didampingi oleh Perwira Topografi, Letda Ctp Yudi.

Mereka bergerak menyusuri medan yang cukup sulit dengan cuaca yang ekstrim. 

Melihat Makam Tua Belanda di Asrama Bukit Balikpapan, Batu Nisan Bertuliskan Gaya Belanda

Lima Hal Makam Tua Belanda Asrama Bukit Balikpapan, Wabah Malaria Sampai Kuburan Rusak Berlumut

VIDEO - Batu Nisan Bertuliskan Gaya Belanda, Inilah Makam Tua Belanda di Kota Balikpapan

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved