Tim Satgas Pamtas RI-Malaysia Susuri Area Blank Post, 42 Tahun Tak Pernah Dijamah Manusia

Sebanyak 371 patok di area blank post atau disebut area yang belum pernah terpatroli didatangi prajurit TNI AD ini di kawasan Krayan, Nunukan, Kaltara

Tim Satgas Pamtas RI-Malaysia Susuri Area Blank Post, 42 Tahun Tak Pernah Dijamah Manusia
HO Pendam VI
Tim Patroli patok perbatasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja akhirnya berhasil menyelesaikan tugas patroli patok batas perbatasan RI-Malaysia. Sebanyak 371 patok di area blank post didatangi prajurit TNI AD ini di kawasan Krayan, Nunukan, Kaltara. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kapendam VI Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino mengungkapkan kebanggaannya terhadap Tim Patroli patok perbatasan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja akhirnya berhasil menyelesaikan tugas patroli patok batas perbatasan RI-Malaysia.

Sebanyak 371 patok di area blank post atau disebut area yang belum pernah terpatroli didatangi prajurit TNI AD ini di kawasan Krayan, Nunukan, Kaltara.

"Ini tugas yang cukup berat. Salut," katanya, Jumat (1/3/2019).

Lanjut Dino, selain melaksanakan pengecekan patok perbatasan yang belum pernah dilakukan pemeriksaan semenjak dipasang. Tugas lain dari Satgas Pamtas juga melaksanakan tugas teritorial dan membina kesadaran bela negara masyarakat di wilayah perbatasan.

"Ini untuk menunjukkan kehadiran negara di wilayah perbatasan sebagai bagian dari pemberdayaan wilayah pertahanan khususnya wilayah perbatasan Indonesia Malaysia," ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan patroli patok perbatasan tersebut mulai dilaksanakan sejak awal bulan hingga akhir Februari lalu. Dimulai dari patok C700 hingga patok C482.

Tim yang dipimpin oleh Lettu Inf Solo Atmanegara, Danpos Long Midang yang didampingi oleh Perwira Topografi, Letda Ctp Yudi bergerak menyusuri medan yang cukup sulit dengan cuaca yang ekstrem.

Tak lain untuk menemukan patok yang sejak tahun 1977 belum pernah terpatroli.

"Sekaligus memantau dan mengawasi wilayah blank post area yang sudah 42 tahun tersebut hampir tidak terjamah oleh manusia," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved