Pengganti Wabup Paser Almarhum HM Mardikansyah Akan Diumumkan Dalam Rapat Paripurna DPRD

Pengganti Wabup Paser Almarhum HM Mardikansyah Akan Diumumkan Dalam Rapat Paripurna DPRD

Pengganti Wabup Paser Almarhum HM Mardikansyah Akan Diumumkan Dalam Rapat Paripurna DPRD
tribun kaltim
Wakil Bupati Paser Almarhum HM Mardikansyah. 

Pengganti Wabup Paser Almarhum HM Mardikansyah Akan Diumumkan Dalam Rapat Paripurna DPRD

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser akan mengumumkan nama-nama calon pengganti Wakil Bupati Paser. Sesuai ketentuan, DPRD Paser akan mengumumkannya dalam Rapat Paripurna.

Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) jabatan Wakil Bupati Paser ini menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser Eka Yusda Indrawan, merupakan hasil haering bersama Komisi I DPRD Paser.

“Belum lama ini kita diundang hearing Komisi I untuk memberikan saran dan pendapat terkait proses PAW jabatan Wakil Bupati Paser, jadi kita sampaikan regulasi-regulasi yang mengatur proses PAW, salah satunya adalah DPRD menggelar Rapat Paripurna untuk mengumumkan nama-nama calon pengganti Wakil Bupati Paser,” kata Eka pada Tribun Kaltim.

Seperti diketahui, Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah meninggal dunia pada tanggal 31 Januari 2019 karena sakit. Hingga saat ini, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie belum memiliki wakil dalam menjalankan roda pemerintahan daerah.

PB Perkenalkan Paralegal Pada Masyarakat Paser, Mengkumpulkan Data dan Melakukan Investigasi

Seleksi Calon Paskibraka di Kabupaten Tana Paser Sudah Dimulai

Berdasarkan UU 10/2008 tentang Pemilu mengatur bahwa PAW merupakan wewenang dari partai pengusung. Saat Yusriansyah Syarkawie dan HM Mardikansyah ikut Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paser, mereka diusung Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Setelah DPRD Paser mengumumkan kekosongan jabatan Wakil Bupati Paser melalui Rapat Paripurna, lanjut Eka, partai pengusung akan mengajukan dua nama calon pengganti Wakil Bupati Paser. Hanya dua nama calon pengganti, tidak boleh lebih.

Kedua nama calon pengganti Wakil Bupati Paser yang diusulkan itu selanjutnya disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri oleh Gubernur Kaltim, sehingga KPU tidak terlibat langsung dalam proses PAW Wakil Bupati Paser. “Jadi kita hanya memberikan saran dan pendapat sesuai mekanisme hukum yang ada,” tambahnya. (*)

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie Usulkan 2 Buah Perda Dicabut

Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie Melantik 27 Pejabat Pemkab Paser

KPU Paser Harus Menyewa 3 Gudang untuk Menyimpan Logistik Pemilu 2019

Penulis: Sarassani
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved