SNMPTN 2019

Laman Pendaftaran UTBK SNMPTN 2019 Ditutup Sementara, Ini Penjelasan Ketua Pelaksana

Hingga Minggu (3/3/2019) pagi pukul 08.30 WIB, laman tersebut hanya menampilkan tulisan: "Sistem Pendaftaran UTBK LTMPT sedang di non-aktifkan".

Laman Pendaftaran UTBK SNMPTN 2019 Ditutup Sementara, Ini Penjelasan Ketua Pelaksana
Dok. Kompas.com
Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Depok (8/5/2018) 

TRIBUNKALTIM.CO -  Laman resmi pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 belum bisa diakses peserta. 

Hingga Minggu (3/3/2019) pagi pukul 08.30 WIB, laman tersebut hanya menampilkan tulisan: "Sistem Pendaftaran UTBK LTMPT sedang di non-aktifkan".

Siswa calon pendaftar diminta untuk mengakses laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) besok, Senin (4/3/2019). 

Ada Dua Kasus Pencurian dengan Pecahkan Kaca Mobil di PPU, Ini Imbauan Polres

Ini Daftar Kode Plat Kendaraan di Kalimantan Timur Berdasarkan Wilayah Kota dan Kabupaten

Update Persib Bandung- Umuh Muchtar Bakal Ajukan Protes, Wasit yang Pimpin Laga Disebut Punya Dendam

Melalui surat pengumuman resmi, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo menyampaikan beberapa alasan laman resmi pendaftaran UTBK ini ditutup untuk sementara.

"Berdasarkan evaluasi pendaftaran UTBK sejak dibuka dari 01 Maret 2019 sampai dengan 02 Maret 2019 pukul 12.00 WIB ternyata masih ditemui beberapa kendala," kata Prof Budi di laman Kompas.com seperti dikutip dari berita resmi tersebut.

Penutupan sementara itu disebabkan oleh 2 faktor yaitu:

1. Permasalahan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

2. Permasalahan sistem pembayaran H2H (Host to Host) ke Bank mitra LTMPT

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pendaftaran UTBK," kata Prof Budi.

Terkait kedua permasalahan tersebut, pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 sementara ditutup dan akan dibuka lagi hari Senin, 04 Maret 2019 pukul 08.00 WIB.

"Bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta tapi belum membayar, harap melakukan login kembali untuk menyelesaikan pembayarannya," pesan Ketua Pelaksana Eksekutif.

Pihak LTMPT juga memberikan perpanjangan waktu bagi peserta yang sudah mendaftar tapi belum melakukan pembayaran biaya UTBK.

Batas waktu pembayaran diperpanjang menjadi hari Senin, tanggal 4 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Selain permohonan maaf, pihak LTMPT juga meminta calon pendaftar untuk tetap tenang mengingat masa pendaftaran masih cukup panjang.

"Untuk diketahui bahwa waktu pendaftaran UTBK Gelombang I masih cukup panjang (sampai dengan 24 Maret 2019)," ujar Prof Budi. (*) 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Situs Pendaftaran UTBK SBMPTN Belum Bisa Diakses, Ini Penjelasannya, Calon Pendaftar Jangan Panik, http://jabar.tribunnews.com/2019/03/03/situs-pendaftaran-utbk-sbmptn-belum-bisa-diakses-ini-penjelasannya-calon-pendaftar-jangan-panik?page=all.

Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved