Kisah-kisah Unik PKH Kemensos, Warga Mundur Gara-gara Ogah Rumah Dipasang Label 'Keluarga Miskin'

Disebutkan, pelabelan tersebut menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa penerima PKH Kemensos benar-benar keluarga miskin.

Kisah-kisah Unik PKH Kemensos, Warga Mundur Gara-gara Ogah Rumah Dipasang Label 'Keluarga Miskin'
Sripo/ Mat Bodok
Rumah penerima keluarga penerima manfaat (KPM) PKH Kemensos di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan diberi label 

TRIBUNKALTIM.CO - Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial (PKH Kemensos) sejatinya adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM), yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH Kemensos.

Dilansir oleh pkh.kemsos.go.id, PKH Kemensos ini adalah upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, yang telah dilaksanakan Pemerintah Republik Indonesia untuk Keluarga Miskin (KM) sejak tahun 2007.

Program Perlindungan Sosial PKH Kemensos yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH Kemensos membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Manfaat PKH Kemensos juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH Kemensos, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

PKH Kemensos diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Misi besar PKH Kemensos untuk menurunkan kemiskinan semakin mengemuka mengingat jumlah penduduk miskin Indonesia sampai pada Maret tahun 2016 masih sebesar 10,86% dari total penduduk atau 28,01 juta jiwa (BPS, 2016).

Pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi 7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019.

PKH Kemensos diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan kesenjangan (gini ratio) seraya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sederet Fakta SDM PKH Kemensos, Peluang Jadi ASN Terbuka Lebar hingga Aturan Rangkap Jabatan

PPDB Jalur Gakin Masih Sepi, Harus Lampirkan KIP atau PKH

Mundur gara ogah rumah dipasang label "Keluarga Miskin"

Halaman
123
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved