Peduli Keselamatan Berlalu Lintas, Kemenhub dan Transkon Jaya Sosialisasikan Alat Pemantul Cahaya

PT Transkon Jaya bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan mengadakan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Peduli Keselamatan Berlalu Lintas, Kemenhub dan Transkon Jaya Sosialisasikan Alat Pemantul Cahaya
IST
Walikota Balikpapan Rizal Effendi melepas peserta lari 10 Km dan 5 Km di area PT Transkon Jaya, Balikpapan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menyukseskan program keselamatan berlalu lintas, PT Transkon Jaya bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan mengadakan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Sigit Irfansyah, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan RI di Batakan, Balikpapan saat ikut melepas peserta lomba lari, Minggu (10/3) lalu. Atas dasar tingginya angka lakalantas, Kemenhub berencana memasang alat atau stiker pemantul cahaya, khususnya bagi angkutan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menyosialisasikan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK 5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan

Sigit mengatakan, pemasangan stiker pemantul cahaya ini guna mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Dilarang Terbang oleh Kemenhub, Ini Fakta-fakta Pesawat Boeing 737 MAX 8

Angka lakalantas di jalan raya lanjut Sigit cukup tinggi, seperti tabrak belakang dan samping. Saat ini masyarakat sudah mulai sadar terhadap keselamatan. Salah satu keselamatan itu adalah menggunakan pemantul cahaya tambahan.

"Stiker pemantul cahaya ini bisa terlihat pada jarak 200 meter. Tempat pemasangannya nanti di bagian samping dan belakang sesuai bentuk kendaraan," jelas Sigit.

Saat ini, lanjut Sigit, pihaknya masih terus menyosialisasikan rencana tersebut sebelum nantinya mulai diterapkan per 1 Mei 2019.

Dia memaparkan, setelah masa sosialisasi yang dilakukan selesai dan masuk ke penerapan, akan ada sanksi yang diberlakukan bagi pengusaha yang tidak menaatinya.

"Pemasangan stiker pemantul cahaya itu nanti akan masuk dalam salah satu syarat untuk mengurus perpanjangan KIR. Jika memang tidak ada (stiker pemantul cahaya), maka akan kami evaluasi uji KIR-nya," kata Sigit.

Mendadak Dilamar Nassar, Zaskia Gotik Sampai Menangis Terisak

Memang peraturan tersebut masih ditujukan bagi kendaraan angkutan.
Sedangkan untuk kendaraan pribadi, menurut Sigit , masih digodok petunjuk teknisnya.

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved