Lokalisasi Prostitusi di Kaltim Dibubarkan Pemantauan Sulit, Semakin Menyebar & Terselubung

Soeharsono berkata, pemantauan menjadi semakin sulit, karena lokalisasi sudah dibubarkan. Tempat-temparnya justru semakin menyebar dan terselubung.

Lokalisasi Prostitusi di Kaltim Dibubarkan Pemantauan Sulit, Semakin Menyebar & Terselubung
TRIBUNKALTIM/BUDISUSILO
Keberadaan lokalisasi Lembah Harapan Kilometer 17, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur telah dibongkar pada Rabu (8/2/2017). Lokalisasi di kota minyak ini telah puluhan tahun malang melintang sediakan jasa pelampiasan nafsu syahwat. 

Ada Beberapa kendala penanggulangan HIV AIDS di Kaltim, terungkap dalam rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Kaltim di ruang tepian kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pengidap HIV/AIDS di Kaltim meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 tercatat ada 573 pengidap HIV / AIDS.

Jumlah ini kemudian meningkat di tahun 2018 menjadi 1114 jiwa.

Kepala Bidang P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Kaltim, Soeharsono mengatakan peningkatan jumlah pengidap HIV/AIDS ini terjadi lantaran banyak kendala yang dihadapi dalam program penanggulangan.

Salah satu kendala yang cukup sulit yaitu adanya stigma dan diskriminasi.

Stigma dan diskriminasi berpengaruh pada program penanggulangan HIV.

Misalnya stigma HIV ini menular lewat sentuhan.

"Padahal tidak. Lalu stigma bahwa HIV pemyakit yang tidak ada obatnya. Nah ini yang sulit," ungkap Soeharsono saat rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Kaltim di ruang tepian kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (20/3/2019).

Rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Kaltim di ruang tepian kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (20/3/2019).
Rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Kaltim di ruang tepian kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (20/3/2019). (TRIBUNKALTIM/CORNEL DIMAS SATRIO)

Menurutnya saat ini pengidap tidak perlu takut dan khawatir lantaran HIV sudah ada obatnya dengan mengonsumsi ARV.

Halaman
1234
Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved