Kualifikasi Piala Asia U23

Membandingkan Kasus Pelarangan Ezra Walian dengan Pemain Thailand Charyl Chappuis

Ezra Walian tidak diizinkan untuk mengikuti kompetisi FIFA bersama Timnas U-23 Indonesia karena sebelumnya sudah membela timnas U-17 Belanda.

Membandingkan Kasus Pelarangan Ezra Walian dengan Pemain Thailand Charyl Chappuis
Tribunkaltim.co/ilo/IG @ezrawalian
Sosok Ezra Walian saat berkostum Jong Ajax Amsterdam FC dan memakai seragam latihan Timnas U-23 Indonesia warna hijau. Kini sedang ada kabar, Ezra Walian tidak diizinkan untuk mengikuti kompetisi FIFA bersama Timnas U-23 Indonesia karena sebelumnya sudah membela timnas U-17 Belanda di Piala Eropa U-17 tahun 2013 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kasus Ezra Walian yang tidak diperbolehkan membela tim nasional Indonesia turut membuat publik membandingkannya dengan gelandang tim nasional Thailand, Charyl Chappuis.

Ezra Walian tidak diizinkan untuk mengikuti kompetisi FIFA bersama Timnas U-23 Indonesia karena sebelumnya sudah membela timnas U-17 Belanda di Piala Eropa U-17 tahun 2013 lalu.

"Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda," tulis balasan FIFA.

Laga Garuda Select vs Klub-klub Junior Inggris, Berikut Jadwal Siaran Langsung TVRI

Link Live Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Thailand Sore Ini, Nasib Ezra Walian Begini

FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas U-23 Indonesia, PSSI Beber Faktanya

Kasus Ezra sebenarnya mirip dengan yang dialami oleh Charyl Chappuis pada 2013.

AFC juga sempat menolak permohonan timnas Thailand untuk memasukkan Chappuis ke dalam skuat mereka untuk Kualifikasi Piala Asia 2013.

Hal itu dikarenakan Charyl Chappuis sudah pernah membela timnas U-17 Swiss. Bahkan, dia turun pada ajang Piala Dunia U-17 2009 di Nigeria.

Sebagai informasi tambahan, Chappuis juga baru mengajukan kewarganegaraan Thailand pada 2013, atau saat dia berusia 21 tahun.

Akan tetapi, setelah Federasi Sepak Bola Thailand menyerahkan dokumen-dokumen pendukung, Chappuis bisa membela Thailand lantaran FIFA memberikan izin kepadanya.

Sosok Ezra Walian saat berseragam klub dari Belanda, Jong Ajax Amsterdam. Ezra Walian merupakan pemain naturalisasi asal Belanda dan berdarah Indonesia. Ezra Walian ikut dibawa ke Vietnam untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, perkuat Timnas U-23 Indonesia.
Sosok Ezra Walian saat berseragam klub dari Belanda, Jong Ajax Amsterdam. Ezra Walian merupakan pemain naturalisasi asal Belanda dan berdarah Indonesia. Ezra Walian ikut dibawa ke Vietnam untuk Kualifikasi Piala Asia U-23, perkuat Timnas U-23 Indonesia. (Tribunkaltim.co/ilo/IG @ezrawalian)

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga diperkenankan membela negara lain.

Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi. Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A atau senior bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved