Ratusan Pegawai Hotel & Restoran Balikpapan Uji Kompetensi, Bisa Terpakai di Luar Negeri

Uji kompetensi bertujuan para pelaku pariwisata di Kota Balikpapan,Bisa memiliki sertifikat yang kompeten sehingga bisa dikatakan profesional.

Ratusan Pegawai Hotel & Restoran Balikpapan Uji Kompetensi, Bisa Terpakai di Luar Negeri
TRIBUNKALTIM/SITI ZUBAIDAH
Para karyawan hotel dan restoran di Kota Balikpapan ikuti uji kompetensi di Kota Balikpapan. Ini uji kompetensi digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pariwisata Mahamu Mandiri, bersama Asisten Deputi Pengembangan dan Hubungan Antarlembaga Deputi Bidang Perkembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian pariwisata, Jumat (22/3/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ratusan karyawan hotel dan restoran di Kota Balikpapan ikut Uji kompetensi Sektor pariwisata.

Ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pariwisata Mahamu Mandiri,

bersama Asisten Deputi Pengembangan dan Hubungan Antarlembaga Deputi Bidang Perkembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian pariwisata, Jumat (22/3/2019)

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Menara Bahtera diikuti sekitar 200 peserta.

Bertujuan para pelaku pariwisata di Kota Balikpapan,

Bisa memiliki sertifikat yang kompeten sehingga bisa dikatakan profesional.

FSHH Kota Balikpapan Gelar Silaturahmi Perdana, Begini Manfaat yang Dirasakan

Membandingkan Kasus Pelarangan Ezra Walian dengan Pemain Thailand Charyl Chappuis

"Uji kompetensi hari ini itu harapannya pelaku-pelaku usaha dan pelaku industri yang ada di Pariwisata memiliki kemampuan kopetensi dari sertifikasi yang dikeluarkan, tujuan uji kompetensi ini agar teman-teman pelaku mempunyai sertifikasi kompetensi," kata Oemy Facesly Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) didampingi Theodorus Dayutama, Kasi Pengembangan Usaha Jasa Pariwisata.

Menurutnya, dalam menghadapi MEA dan diera globalisasi ini salah satu pengakuan mereka dikatakan profesional itu adalah sertifikasi. Proses sertifikasi itu sendiri dilakukan beberapa tahap. Salah satunya dengan interview, asesment dan lainnya.

Laga Garuda Select vs Klub-klub Junior Inggris, Berikut Jadwal Siaran Langsung TVRI

"Bisa dikatakan profesional jika mereka lulus, dan mendapatkan sertifikasi. Mereka adalah orang-orang profesional, tapi bentuk pembuktikan kalau mereka profesional adalah dengan sertifikasi itu sendiri," kata Theo.

Theo berharap, semua pelaku usaha itu di Kota Balikpapan tersertifikasi.

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved